Dapat Nerf Besar, Inikah Akhir dari Era Emas Chamber di VALORANT?
Setelah penantian yang cukup panjang, Riot Games akhirnya memberikan nerf besar kepada salah satu Agent VALORANT, Chamber. Ini memang bukan pertama kalinya Chamber mendapat nerf. Akan tetapi, nerf yang didapatkannya kali ini cukup berbeda dan kemungkinan besar akan memengaruhi meta permainan di masa depan.
Riot memberikan penyesuaian di semua ability milik Chamber. Namun, ada dua nerf yang menurut kami bakal menghabisi “karir” Chamber di sejumlah map. Pertama adalah Rendezvous. Signature dari Chamber ini akan dibuat lebih sederhana, di mana pemain hanya butuh meletakkan satu anchor saja untuk berpindah tepat. Akan tetapi, perubahan ini juga berarti Chamber tidak bisa lagi melakukan teleportasi ke area yang jauh.
Kedua adalah penyesuaian dari Trademark. Di nerf terbarunya, Trademark akan beroperasi layaknya Alarmbot serta Turret dari Killjoy, yang mana kedua ability itu memiliki area jangkauan. Dengan demikian, pemain Chamber tidak boleh terlalu jauh dari Trademark yang diletakkan agar bisa tetap aktif mendeteksi keberadaan musuh.
Melihat dua perubahan besar tersebut, bagaimana kira-kira masa depan Chamber di VALORANT? Berikut adalah pendapat kami.
Berkurangnya map pool dari Chamber
Sebelum kabar nerf ini, Chamber sebenarnya sudah mulai tersisih di beberapa map VALORANT, seperti Bind dan Ascent. Sejumlah tim profesional lebih memilih memainkan dua Controller atau menggunakan Sentinel lain ketimbang Chamber. Penyesuaian yang didapatkannya nanti tentunya akan semakin mengurangi map pool dari Agent ini.
Nerf Trademark menjadi penghalang terbesar Chamber di map-map besar seperti Icebox, Breeze, dan Fracture. Melihat seluruh ability miliknya, tidak bisa dipungkiri bahwa Chamber adalah Sentinel yang lebih agresif ketimbang Agent dengan peran yang sama. Adanya area jangkauan untuk mengaktifkan Trademark tentu akan membatasi ruang gerak dari Chamber, membuatnya lebih defensif.
Di Icebox misalnya, Trademark biasa dipasang di Kitchen, sementara pemain Chamber bakal berjaga di area Yellow. Dengan keterbatasan area yang bakal disematkan, strategi tersebut tidak lagi bisa digunakan. Hal yang sama kemungkinan juga akan terjadi di Breeze, di mana terkadang Trademark dipasang di Hall dan pemain akan berjaga di Site A atau Site B.
Sebagai Defender, nerf dari Trademark ini mungkin tidak akan terlalu berpengaruh. Selain bisa ditanggulangi dengan mengubah tempat peletakannya, ability tersebut nantinya bisa ditarik kembali. Namun, sebagai Attacker, penyesuaian ini tentu akan menyakitkan. Pasalnya, Trademark biasa digunakan sebagai pencegah flank ketika bermain di posisi Attacker.
Jangankan di map besar, di map yang cukup kecil seperti Bind, nerf dari Trademark akan menjadi penghalang untuk pemain membantu serangan tim. Seperti yang bisa dilihat dari video yang dirilis oleh Riot sendiri, area jangkauan dari Trademark tidak mencapai Hookah ataupun U Hall.
Nerf Chamber, berkah untuk Agent lain
Beruntung bagi Chamber, Riot masih sayang dengan dirinya. Tak lama setelah mengumumkan akan memberikan nerf kepada Agent tersebut, Riot memutuskan untuk menghilangkan sementara Bind dan Breeze di mode serta scene kompetitif VALORANT. Di dua map tersebut, kemungkinan sebuah tim profesional untuk menggunakannya bakal lebih kecil setelah nerf diterapkan.
Lalu, bagaimana dengan map lain? Di map seperti Haven dan Ascent, apabila tidak membutuhkan daya serang lebih ketika bermain sebagai Defender, penggunaan Killjoy lebih logis ketimbang Chamber. Cypher bahkan bisa menjadi opsi menarik karena dibanding kedua Sentinel tersebut, ability miliknya tidak memiliki area jangkauan.
Pemilihan Chamber di Icebox, Pearl, dan Split masih 50-50. Persamaan dari ketiga map tersebut adalah sama-sama punya area Mid yang perlu dijaga dan jaraknya ke sebuah site cukup jauh. Karena itu, pemain harus menemukan posisi yang lebih strategis untuk menaruh Trademark di area tersebut. Di Fracture, Chamber kemungkinan besar akan tetap menjadi pilihan utama.
Seperti yang sudah disebut di atas, selain masalah Trademark, nerf Rendezvous juga bakal memengaruhi meta dari Chamber. Pembatasan ruang untuk teleportasi miliknya bisa menjadi bumerang apabila musuh memutuskan untuk melakukan rush ke sebuah site. Di sinilah Jett bakal lebih bersinar ketimbang Chamber. Dibanding Chamber, Jett masih punya smoke yang bisa memuluskan jalannya untuk kabur dari kejaran musuh.
Nerf yang didapatkan Chamber memang menjadi berkah bagi Agent lain yang kurang bersinar dalam beberapa waktu ke belakang. Jika sebuah tim memutuskan untuk benar-benar meninggalkan Chamber, maka pemegang Operator akan kembali ke tangan Jett. Tugas dari Sentinel pun masih bisa diserahkan kepada Agent lain, contohnya Cypher yang belum lama ini mendapat buff kecil.