Panduan

Salah Kaprah Game Fighting, Bisa Combo Bukan Berarti Bisa Menang

Combo yang megah dan penuh warna terkadang menjadi daya tarik utama sebuah game fighting. Ambil contoh serial Marvel vs Capcom dan Dragon Ball Fighter Z, kedua game fighting ini memiliki combo yang luar biasa ramai dan penuh warna. Keren kan? Yes! Tentu saja.

Tapi apakah saya bisa memenangkan sebuah pertarungan setelah menguasai combo tersebut? Tergantung…

Bisa Combo? Bagus! Lalu?

Pernahkah kamu berlatih sebuah combo di practice mode hingga sempurna, tetapi selalu gagal mengeksekusinya di sebuah match? Kalau iya, berarti kamu menghadapi masalah fundamental yang biasa melanda para pemula.

Asuka Kazama Tekken 7 posted by Ryan Sellers

Tanpa sadar kalian melupakan satu hal penting di sini. Saat di dalam match yang kalian hadapi adalah manusia sungguhan yang bisa bereaksi terhadap seluruh gerakan dan seranganmu, bukan dummy atau AI yang ada di practice mode. Hasilnya mereka bisa membalas semua launcher yang kamu layangkan bahkan mengalahkanmu.

Bagaimanapun caranya menguasai combo dan mendaratkan sebuah serangan combo merupakan dua bagian yang berbeda.

Fundamental Itu Penting

Istilah fundamental itu sebenarnya cukup abstrak di game fighting, tetapi secara garis besar fundamental bisa diartikan sebagai penguasaan dasar dan logika game fighting secara menyeluruh, sehingga kamu bisa membawanya ke game fighting manapun.

Community Blog by Virtua Kazama // The Will to Keep Playing Chapter 3: The  Lab

Seperti, ketika kamu melawan karakter yang belum pernah kamu lihat sebelumnya. Kamu akan dipaksa untuk menerapkan taktik paling mendasar untuk memenangkan pertempuran tersebut.

Sebagai contoh, Akuma bisa melakukan “Demon Flip” yang belum pernah kamu lihat sebelumnya. Karena gerakan ini Akuma jadi sulit untuk dilawan pada jarak dekat. Untuk memenangkan match tersebut kamu memutuskan untuk memanfaatkan serangan jarak jauh atau footsie yang rapi untuk mencegah Akuma mendekat dan menggunakan Demon Flip padamu.

SFV: Akuma Reveal Trailer GIF by Matth Dewitt | Gfycat

Usaha menyederhanakan gerakan Akuma di atas merupakan salah satu bentuk fundamental dari game fighting. Kamu bertarung dengan semua gerakan honest milikmu, sehingga musuh tidak bisa menggunakan gimmick miliknya dengan sempurna

Fundamental ini menyambung ke combo saat kamu bermain melawan musuh. Ketimbang berusaha mendaratkan launcher dengan frame besar, kamu bisa saja mencoba untuk menguras HP musuh dengan poke dasar. Setelah mereka tidak sabar dan melakukan kesalahan, kamu baru bisa mencoba mendaratkan launcher yang kamu miliki.

Apakah Harus Berlatih Combo?

Kalau pertanyaan kamu adalah, apakah kamu harus berlatih menghafal combo? Jawabannya tentu saja iya. Apalagi kalau game tersebut sangat berbasiskan combo, seperti Marvel vs Capcom, Skullgirls, Tekken 7, Guilty Gear, dan banyak lagi.

Latihan ini dimaksudkan agar kamu hafal setiap bagian dari combo. Tujuannya agar kamu bisa bereaksi sesuai kesempatan yang muncul di hadapanmu.

Sebagai contoh. Kamu tanpa sengaja menyebabkan musuh terkena crumple atau jatuh ke tanah. Karena kamu hafal combo, kamu bisa langsung memanfaatkan momen tersebut dengan melakukan penyesuaian rangkaian combo yang kamu ketahui. Hasilnya, sebuah konversi kesempatan menjadi damage yang lumayan tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *