Panduan

Rushdown dan Pressure, Dua Archetype yang Mirip tapi Berbeda di Game Fighting

Melanjutkan dari artikel sebelumnya. Sekarang mari kita berkenalan dengan archetype yang mirip-mirip dari gaya bermain, tetapi sebenarnya keduanya memiliki elemen dasar yang sangat berbeda, sehingga bisa dijadikan dua kategori yang berbeda juga. Archetype yang pertama adalah Rushdown, sedangkan yang kedua adalah Pressurer.

Rushdown

Rushdown adalah tipikal karakter yang bisa bergerak dan mengejar musuh dengan serangan miliknya. Bisa dibilang dia bisa mendatangimu dari jarak berapapun dan posisi apapun. Karena itu kebanyakan para Rushdown memiliki serangan teleport atau yang memiliki jarak maksimal satu layar.

Jadi mereka tidak akan pernah melepaskanmu meskipun kamu bisa bergerak dengan cepat. Terkadang para Rushdown membiarkanmu bergerak atau menyerang sedikit, demi menciptakan ilusi peluang yang dikenal juga sebagai trap. Kalau sudah begitu, sebaiknya kamu harus berhati-hati ketika hal itu terjadi dengan begitu saja tanpa alasan yang jelas.

Pressurer

Mirip dengan Rushdown, bedanya mereka tidak bisa mengejar karakter dengan mudah. Tetapi sekali saja kamu berada di depan Pressurer, mereka akan memberikan semua serangan yang tidak bisa kamu jeda tanpa strategi tertentu. Mereka akan membuat karaktermu berada di posisi bertahan atau terpojok di ujung layar.

Mereka akan membongkar mu dari depan tanpa peduli seberapa kuat pertahanan. Biasanya serangan mereka memiliki banyak komponen yang menyebabkan kamu tidak bisa bergerak atau selalu berada di dalam kondisi negatif.

Kelemahan Para Rushdown dan Pressurer

Para Rushdown dan Pressurer ini lemah pada gaya bermain yang hati-hati dan penuh perhitungan. Karena sehebat apapun serangan yang mereka miliki, biasanya ada satu dua hal yang menjadi titik repetitif atau jeda. Selain itu biasanya mereka memiliki beberapa serangan cepat dengan jarak cukup pendek ketika berhadap-hadapan. Serangan tersebut bisa diduck, atau dihindari dengan cara small dash ke belakang.

Selain itu para Rushdown dan Pressurer ini biasanya sulit untuk digunakan dikarenakan mereka kemungkinan besar memiliki flowchart tertentu atau input yang lumayan banyak dan situasional sehingga sulit untuk dikuasai.

Bila melihat ke faktor yang lebih sederhana lagi, para Rushdown dan Pressure ini cenderung lemah pada archetype Dominating ketika adu cepat menghabisi HP lawan. Selain itu archetype Keep Away juga sangat merepotkan bagi mereka, karena semua tools mereka jadi kurang berguna.