Perubahan Equipment di Patch 1.5.88, Hilangnya Jungling dan Roaming di Mobile Legends
Moonton baru saja melakukan update besar-besaran di Mobile Legends. Update tersebut menyertakan revamp untuk tiga hero sekaligus. Mereka adalah Minotaur, Alpha, dan Karina. Tapi pada artikel kali ini fokus kita bukanlah ketiga hero yang mengalami revamp habis-habisan tersebut, melainkan pada berbagai equipment yang mengalami perubahan.
Jungling dan Roaming Equipment
Dulu Jungler dan Roamer harus membeli item-item yang sudah disebutkan di atas untuk melengkapi hero mereka. Namun pemain kini mereka tidak bisa membeli equipment tersebut karena dihilangkan, sementara kemampuan kedua equipment tersebut bisa dipasangkan di Footwear atau sepatu.
Masing-masing sepatu membutuhkan kondisi yang berbeda untuk memperkuatnya. Mari kita kupas singkat dimulai dari Jungling Footwear terlebih dahulu.
Pengguna Jungling Footwear wajib mengalahkan 5 buah monster Jungle supaya bisa upgrade sepatunya. Setelah sepatu di-upgrade, kamu dapat memilih satu dari 3 pilihan Retribution yaitu:
Jungler Footwear
- Ice Retribution
- Flame Retribution
- Bloody Retribution
Skill Jungling Footwear baru bisa digunakan setelah kamu mengalahkan 5 monster jungle. Tetapi, apa saja efek dari masing-masing upgrade. Berikut penjelasannya.
Flame Retribution (Retri Merah):
- Damage ke musuh – 100 True damage
- Efek tambahan – Menghisap 35-70 Physical dan Magic Power musuh secara berkala selama 3 detik
Ice Retribution (Retri Biru):
- Damage ke musuh-100 True damage
- Efek tambahan-Menghisap 41-90 Movement Speed musuh secara berkala selama 3 detik
Bloody Retribution (Retri Ungu):
- Damage ke musuh-100 True damage
- Efek tambahan-Mengisap HP musuh secara berkala selama 3 detik dengan HP yang dihisap sebesar 12% dari HP Hero kamu
Semua efek yang diberikan Retribution sifatnya menghisap. Artinya, setiap bagian yang dikurangi dari musuh (damage, movement, HP) akan ditambahkan ke hero kamu. Jadi penjelasan singkatnya kurang lebih begini.
Flame Retribution membuat damage musuh berkurang sambil menambah damage kamu Ice Retribution membuat musuh slow sambil membuat hero lari lebih cepat Bloody Retribution mengurangi HP musuh sambil memberi kamu heal
Roamer Footwear
- Conceal (Aktif)
- Encourage (Pasif)
- Favor (Pasif)
- Dire Hit (Pasif)
Roaming Footwear punya kondisi upgrade yang lebih mudah. Untuk upgrade sepatu ini yang perlu kamu lakukan adalah dengan mendapatkan 600 gold dari assist yang kamu lakukan.
Sebelum update ini, item roaming memiliki efek Devotion yang artinya adalah: Kamu tidak bisa mendapat EXP dan Gold dari minion, tapi kamu mendapat 2 Gold dan EXP per 4 detik secara pasif. Kamu juga mendapat 30% lebih banyak Gold dan EXP saat melakukan assist.
Cara kerja roaming footwear masih mirip dengan Wooden Mask. Oleh karena itu, kamu bisa mendapatkan upgrade tersebut apabila kamu rajin membantu rekan satu tim di peperangan.
Conceal (Aktif):
- Efek-Hero kamu dan kawan di sekitar akan menghilang dan mendapat tambahan Movement Speed
- Bonus Movement Speed – 30%- 75% (tergantung jumlah Gold yang didapat dari efek Thriving atau pasif item Roam)
- Durasi – 5 detik Apabila kamu/kawan kamu memberi/terkena damage, maka kamu akan kembali terlihat oleh musuh
Encourage (Pasif):
- Efek-Kawan di sekitar mendapat tambahan Physical Attack, Magic Power, dan Attack Speed
- Bonus Physical Attack dan Magic Power – 15 sampai 38 (tergantung jumlah Gold yang didapat dari efek Thriving atau pasif item Roam)
- Bonus Attack Speed – 15%
Favor (Pasif):
- Efek-Memberi heal kepada kawan di sekitar saat menggunakan skill heal/shield
- Bonus Heal-480 sampai 1200 HP (tergantung jumlah Gold yang didapat dari efek Thriving atau pasif item Roam). Efek tersebut aktif 15 detik sekali dan memberi efek hanya kepada satu kawan saja. Skill heal/shield yang efeknya ke diri sendiri tidak akan membuat pasif ini aktif
Dire Hit (Pasif):
- Efek-Memberi bonus damage pada saat damage yang kamu berikan berhasil membuat HP hero musuh turun ke bawah 35%
- Bonus Damage-7% sampai 18% dari jumlah maksimum HP musuh (tergantung jumlah Gold yang didapat dari efek Thriving atau pasif item Roam).
- Efek tersebut aktif 30 detik sekali. Damage yang diberikan bersifat separuh Physical, separuh Magic
Selain perubahan Jungling dan Roaming equipment, Mobile Legends juga menambahkan tiga buah equipment baru yang statusnya bisa kamu lihat di bawah ini.
War Axe
- +55 Physical Attack
- +550 HP
- 10% CD Reduction
- Harga: 1.980 Gold
Unique Passive-Berserk: Kamu akan masuk ke battle stance ketika memberikan damage pada musuh. Kondisi ini akan memberikan tambahan 8 physical attack dan 4 physical penetration selama 3 detik. Status tambahan tersebut bisa distack sebanyak 8 kali sekaligus memberikan bonus +20% movement speed ketika stack penuh (Marksman dan Mage hanya mendapatkan setengah status ketika menggunakan equipment ini).
Shadow Twinblades
- +70 Magic Power
- 15% Magic Lifesteal
- 5% Movement Speed
- Harga: 1.960 Gold
Unique Passive-Assassination: Bila hero tidak terkena damage atau menyerang selama 5 detik, maka basic attack berikutnya akan memberikan magic damage tambahan 200 +50% Magic Power. Selain itu target yang terkena akan mendapatkan efek slow 60% selama 1,5 detik.
Radiant Armor
- +800 HP
- +52 Magic Defense
- +12 HP Regen
- Harga: 1.980 Gold
Unique Passive-Holy Blessing: Mengurangi Magic Damage sebesar 4-11 (meningkat seiring level) ketika terkena serangan magic. Unique Passive ini bertahan selama 3 detik dan bisa distack 6 kali.
Berikut ini adalah beberapa perubahan equipment yang terjadi di patch 1.5.88. Item-item ini berubah untuk mengimbangi pergeseran meta yang mungkin terjadi di season 21.
Sea Halberd dan Necklace of Durance
- Sea Halberd kehilangan Deadly Blade
- Unique Passive bisa aktif melalui damage apapun, termasuk equipment
Dominance Ice
- Memiliki fungsi yang sama dengan Sea Halberd dan Necklace of Durance
Malefic Roar
- Kehilangan kemampuan Turret Damage
- Armor Buster: Physical penetration akan bertambah 0.05% untuk setiap physical defense yang dimiliki musuh (maksimal 20%).
Divine Glaive
- Spellbreaker: Magic penetration akan bertambah 0.1% setiap magic defense yang dimiliki musuh (maksimal 20%).
Twilight Armor
- Defiance: Skill ini akan aktif ketika menerima 600 Physical Damage. Setelah aktif, sang pengguna armor akan mendapatkan pengurangan damage dan memberikan True Damage pada musuh yang ada di sekitarnya selama 3 detik. Skill ini memiliki cooldown 6 detik.