Panduan

Panduan Deck Marvel Snap: Cara Menggunakan Deck Electro Ramp

Ramp adalah salah satu mekanisme yang pastinya jadi langganan di game kartu manapun. Bahkan Marvel Snap yang ukuran deck-nya kecilpun punya beberapa kartu ramp. Karena mekanismenya ada, tentu saja deck yang memanfaatkan ramp juga ada.

Salah satu kartu ramp yang cukup populer adalah Electro, dan berikut adalah cara menggunakan kartu ini di deck ramp-mu.

Kartu Kunci

panduan-deck-marvel-snap-electro-ramp

Electro seorang diri tidak akan cukup untuk mendapatkan ramp yang konsisten. Kamu perlu satu kartu lagi untuk akselerasi energi atau mengizinkanmu memainkan kartu mahal lebih awal. Opsi untuk ini biasanya jatuh ke Wave. Alasannya karena alternatif lain yaitu Psylocke terlalu lemah untuk dimainkan off-curve.

Setelah ini, Electro Ramp sebenarnya tidak punya kartu kunci lain. Ini karena sisa isi deck-mu tergantung pada jenis deck yang ingin kamu mainkan.

Variasi Deck

panduan-deck-marvel-snap-electro-nimrod

Electro Ramp memungkinkanmu memainkan sejumlah kartu mahal tiga giliran berturut-turut. Pertanyaannya tentu saja kartu mahal apa yang ingin kamu mainkan. Nah, di sinilah kamu harus mulai memilih.

Salah satu paket yang paling lama dan ada sejak lama adalah Dr.Doom dan Odin. Berkat ramp, kamu bisa memainkan Dr.Doom lebih awal, lalu di giliran berikutnya kamu bisa memainkan Odin. Ini membuatmu bisa menciptakan total 38 Power dalam dua giliran saja.

Pasangan lain yang juga muncul belum lama ini adalah Nimrod dan Arnim Zola. Lewat Electro, kamu bisa memainkan Nimrod lebih awal, lalu memainkan Arnim Zola setelahnya. Lalu di giliran terakhir kamu bisa follow-up dengan Odin. Karena sudah memainkan Nimrod dan Arnim Zola, kamu bisa membawa Shuri dan Black Panther sebagai win condition tambahan.

Kamu bisa memakai dua paket di atas dalam satu deck. Alternatif lain adalah menggunakan paket control seperti Aero, Magneto, dan/atau Leech.

panduan-deck-marvel-snap-electro-knull

Variasi lainnya adalah menggunakan paket Knull dan Galactus. Berkat Electro, kamu bisa memainkan Galactus di giliran kelima. Lalu jika sudah mengisi lokasi lain, kamu artinya sudah memberikan Power untuk Knull dan bisa memainkannya di giliran keenam. Sisa deck-nya bisa kamu isi dengan kartu Power tinggi atau paket Destroy sebagai makanan untuk Knull.

Kelebihan

Electro Ramp memberikan keunggulan yang umumnya diperoleh deck ramp, yaitu bisa memainkan kartu mahal lebih awal dari semestinya. Berkat ramp, kamu bisa mendapatkan sinergi yang umunya tidak bisa terjadi (misalnya combo Dr.Doom dan Odin).

Kekurangan

Layaknya mekanisme ramp di game kartu lain, memainkan Electro berarti menyerahkan momentum dan tempo karena Power-nya yang kecil. Tidak hanya itu, efeknya juga membuat opsimu terbatas, dan memainkan kartu kuat di awal membuat mereka rentan terkena counterplay.

Cara Menggunakan Deck Electro Ramp

panduan-deck-marvel-snap-electro

Dua turn awal biasanya kamu gunakan untuk memainkan kartu early game yang kamu tarik saat itu. Jika punya Electro, kamu ingin memainkannya segera.

Setelah memainkan Electro, kamu ingin langsung memainkan win condition. Misalnya jika membawa Nimrod, berarti kamu akan memainkan Electro → Nimrod → Arnim Zola → Odin ke Arnim Zola. Kamu bisa mengganti Nimrod dengan Black Panther untuk efek yang mirip. Satu-satunya yang harus kamu perhatikan adalah pastikan memasang Nimrod atau atau Black Panther di lokasi yang kosong agar mendapatkan efek Arnim Zola yang konsisten. Jika membawa Dr.Doom dan Odin, kamu bisa memainkan Electro → Sandman (atau kartu apapun) → Dr.Doom → Odin.

Jika tidak mendapatkan Electro atau bahkan Wave, jangan khawatir. Combo Nimrod/Black Panther dengan Arnim Zola atau Dr.Doom dengan Odin tetap kuat meskipun dimainkan on-curve.

Jika memainkan paket Galactus dan Knull, urutan play yang ideal adalah Electro → Doctor Octopus → Galactus → Knull. Satu-satunya yang harus kamu pastikan adalah punya lokasi yang kosong untuk memainkan Galactus dan Knull.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *