Overwatch

Segala Sesuatu Tentang Chain Hook 2.0

Roadhog mendapatkan update berupa Chain Hook versi 2.0 di PTR (Public Test Realm) Overwatch. Kami sempat menyinggung sedikit perubahaannya pada artikel sebelumnya. Dalam kesempatan ini saya ingin membahas perubahan yang terjadi pada Chain Hook 2.0 secara lebih mendalam, karena ternyata perubahannya memiliki banyak efek langsung maupun tidak langsung.

Chain Hook 2.0

Perbedaan pertama yang kami temui pada Chain Hook 2.0 adalah, posisi target yang terkena Chain Hook bakal mendarat lebih dekat ketimbang Chain Hook 1.0. Perbedaan jarak ini membuat combo Chain Hook plus Scrap Gun menghasilkan damage yang lebih konsisten.

Berkat combo Chain Hook plus Scrap Gun plus melee, Roadhog mampu melakukan secure kill bahkan ke hero dengan kapasitas 400 HP (Zarya).

Beberapa karakter membutuhkan perlakuan khusus untuk mendapatkan one hit kill.

  • Sombra membutuhkan aim sedikit kebawah untuk menghasilkan one hit kill
  • Mei membutuhkan aim ke arah dada
  • Widowmaker harus jalan ke depan untuk menghasilkan one hit kill
  • Torbjorn akan mendarat tepat di depan crosshair sehingga mudah dibunuh
  • Symmetra sama dengan Widowmaker
  • Zarya bisa dibunuh dengan Chain Hook plus Scrap Gun plus melee, asal Scrap Gun mengenai kepala 100 persen
  • Bastion bisa dibunuh tetapi mirip dengan Zarya harus 100 persen headshot

Yang patut diingat adalah, beberapa hero di atas memiliki defense mechanism yang menyebabkan mereka bisa tidak terkena serangan Scrap Gun (Cryo-Freeze, Particle Barrier dan banyak lagi). Tambahkan masalah latency ke dalam perhitungan, maka kemungkinan gagal akan selalu ada.

Selain jarak, Chain Hook 2.0 juga memiliki perbedaan dalam urusan menarik musuh dari ketinggian yang berbeda.

Bila Roadhog melakukan Chain Hook dari posisi yang lebih tinggi dari targetnya, maka target Chain Hook tersebut akan mendarat di hadapan Roadhog dengan posisi yang sedikit lebih ke atas karena efek mekanisme 2.0. Untuk mengkompensasi masalah ini, Roadhog harus sedikit mengubah sudut pandang agar target mendarat di posisi yang sama tinggi.

Chain Hook 2.0 memberikan sebuah mekanisme baru bagi Roadhog untuk melakukan enviromental kill. Karena setiap Chain Hook akan membawa musuh ke hadapan Roadhog (selama tidak lebih dari 90 derajat), maka Roadhog bisa saja melakukan Chain Hook di sebelah jurang, kemudian langsung berpaling ke arah jurang tersebut agar target Chain Hook terjatuh ke dalam jurang.

https://www.youtube.com/watch?v=L-OAYdVWeaU

Chain Hook 2.0 memberikan indirect buff bagi hero-hero dengan kecepatan gerak tinggi atau skill yang menambah kecepatan gerak seperti misalnya Soldier:76, Reinhardt, D.Va, dan banyak lagi. Indirect buff ini disebabkan karena hero-hero tersebut dapat menggunakan skill yang mereka miliki untuk menghilang dari line of sight Roadhog, sehingga Chain Hook mengalami dechain.


Chain Hook 2.0 merupakan sebuah perubahan yang memiliki efek seperti pedang bermata dua. Bila efek negatifnya lebih banyak, maka Blizzard akan melakukan perubahan lagi bagi Chain Hook. Yang jadi masalah adalah, saat ini update tersebut baru tersedia di server PTR sehingga belum bisa divalidasi oleh banyak orang.