Panduan Overwatch: Mengenal Ekonomi Dalam Game
Hampir setiap game yang memiliki aspek kompetitif mengenal ekonomi atau hitung-hitungan di dalamnya, termasuk Overwatch. Dalam beberapa kasus, ekonomi ini benar-benar berupa angka dan harus dicari secepat mungkin untuk memberikan keunggulan terhadap musuh. Dalam kasus lainnya, ekonomi ini berubah menjadi sebuah hitungan njlimet yang mengharuskan kamu bergerak sesuai dengan data yang ada.
Pada Overwatch, ekonomi ini diterjemahkan langsung sebagai ultimate meter yang letaknya di tengah-tengah layar. Ultimate ini menjadi sangat penting karena bisa menciptakan efek rubber band dan snowball sepanjang pertandingan.
Ultimate Charge
Walaupun diperlihatkan sebagai persenan, sejatinya ultimate charge di Overwatch memiliki angka pasti untuk mencapai status aktif. Setiap ultimate memiliki angka yang berbeda-beda sehingga kesannya setiap karakter memiliki regenerasi ultimate yang tidak sama.
Sejatinya ultimate charge mengikuti aturan sederhana di bawah ini.
- Setiap hero mendapatkan lima charge setiap detik
- Setiap satu damage yang dihasilkan akan mendapatkan satu charge
- Menghancurkan Barrier dan Turret tidak memberikan charge
- Setiap satu HP yang kembali berkat self-healing skill akan menghasilkan satu charge
- Soldier: 76, Ana, dan Sombra akan mendapatkan satu charge untuk setiap heal
- Lucio akan memperoleh 19 charge untuk setiap 15 heal
- Mercy empat charge untuk setiap lima heal dan dua charge untuk setiap tiga damage yang dihasilkan damage boost
- Zenyatta bakal mendapatkan 33 charge untuk 25 heal
Damage yang dihasilkan oleh ultimate ketika diaktifkan tidak akan memberikan charge apapun kecuali untuk Tracer dan Hanzo yang tetap bisa mengumpulkan charge walaupun ultimate mereka aktif. Dengan catatan damage yang dihasilkan ultimate mereka tidak memberikan kontribusi charge.
Selain Tracer dan Hanzo, D.Va juga memiliki pengecualian berupa ultimate yang langsung terisi penuh (Call Mech) ketika Self-Destruct diaktifkan.
Charge Setiap Hero
Seperti yang saya sebutkan di atas, setiap hero memiliki kebutuhan ultimate charge yang berbeda-beda. Hal ini menjadikan setiap hero seperti memiliki kecepatan regenerasi ultimate yang berbeda-beda pula.
Untuk lebih jelasnya kalian bisa melihat daftar kebutuhan ultimate charge di bawah ini.
- Ana: 1650
- Bastion: 2075
- Doomfist: 1500
- D.Va (Self-Destruct): 1375
- Call Mech: 300
- Genji: 1500
- Hanzo: 1500
- Junkrat: 1575
- Lucio: 2625
- McCree: 1500
- Mei: 1450
- Mercy: 1625
- Orisa: 1725
- Pharah: 1850
- Reaper: 1850
- Reinhardt: 1375
- Roadhog: 2000
- Soldier 76: 2075
- Sombra: 1250
- Symmetra: 1000
- Torbjorn: 1625
- Tracer: 1125
- Widowmaker: 1375
- Winston: 1375
- Zarya: 1875
- Zenyatta: 2075
Dengan ultimate charge yang berbeda-beda, Blizzard memiliki satu lagi area untuk melakukan balance dan tweak pada hero-hero yang mereka ciptakan. Untuk kamu, daftar ultimate charge di atas bisa menjadi gambaran seberapa lama kamu mengumpulkan ultimate charge dan mengira-ngira apakah musuh sudah memiliki ultimate atau belum.
Proses mengira-ngira tersebut bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut. Misalnya pemain A menggunakan Genji dengan cukup baik sehingga menghasilkan kill dengan rata-rata damage participation di atas 50 persen. Jadi bila match sudah berjalan selama tiga menit dan dia sudah pernah membunuh lima DPS dengan 200 HP maka kita akan mendapati angka sebagai berikut.
- (60×5)x3+(100×5)=1580 charge
Jadi saat hitungan ini berlangsung, Genji sudah memiliki Dragon Blade yang siap dinyalakan kapan saja kalau ada kesempatan. Karena kamu sudah mengetahui hitungan ini secara kasar, maka kamu bisa saja memberikan peringatan pada rekan satu tim mengenai kondisi Genji yang menjadi momok utama, lalu menyiapkan counter dari Dragon Blade untuk menghindari kemungkinan terburuk.
Kesannya ekonomi di Overwatch ini jauh lebih sederhana ketimbang ekonomi di Counter-Strike: Global Offensive. Tetapi tanpa mengetahui unsur-unsurnya kamu jadi tidak tahu apa yang sedang berlangsung di tim kamu maupun tim musuh.
Jadi mulai sekarang kamu bisa tahu apa yang mungkin terjadi ketika DPS tim tidak mengeluarkan ultimatenya. Bisa jadi mereka memang menyimpannya untuk situasi yang menguntungkan atau jangan-jangan mereka tidak produktif sama sekali.