Overwatch

Panduan Overwatch: Cara Meningkatkan Level Permainan Kamu

Semua orang bisa menembak dan semua orang bisa mengerjakan objektif di Overwatch, tetapi apakah itu cukup? Well, bila kamu tidak ingin menjadi sekedar “pemain” Overwatch, ada baiknya kamu membaca panduan ini.

Saat bermain Overwatch, kamu akan dihadapkan dengan berbagai pilihan dan kondisi yang asimetris. Tidak ada karakter yang sama di Overwatch sehingga hal ini menimbulkan cara bermain yang sangat berbeda untuk setiap karakternya.

Setiap peta juga memiliki berbagai points of interest (choke point, horizontal level, objective, dan exit point) yang asimetris. Pada intinya Blizzard mendesain Overwatch dengan sangat teliti agar setiap fase permainan memiliki feel dan gameplay yang berbeda.

Karena “kondisi” yang asimetris ini, Overwacth memiliki berbagai variabel yang menentukan menang atau kalahnya sebuah pertandingan. Variabel pertama yang akan kami bahas adalah mengetahui hero yang cocok untuk digunakan di setiap kondisi.

1. Mengenal Fungsi Setiap Hero

Setiap peta dan mode (Escort, Assault, Hybrid, dan Control) membutuhkan hero yang berbeda dan cara bermain yang berbeda juga. Sebagai contoh, di Dorado, tikungan pertama adalah sebuah choke point dengan banyak entry untuk para Attacker dan horizontal level pertama untuk Defender. Karena memiliki sebuah horizontal level, Defender bisa menggunakan hero-hero pertahanan titik seperti Bastion, Torbjorn dan Symmetra.

Sedangkan bagi Attacker (di luar formasi optimal dan situasi tertentu), tempat ini merupakan area bebas yang tidak mengharuskan penggunaan hero-hero spesifik. Kamu bisa menggunakan hero apapun asal bisa menghasilkan efek snowball.

Faktor hero ini menjadi variabel pertama yang harus diperhatikan para pemain Overwatch. Jangan pernah menggunakan hero yang tidak sesuai dengan meta peta tersebut. Bila kamu kesulitan untuk mengetahui meta setiap hero, kamu bisa mengunjungi www.metaco.gg. Baru-baru ini kami membuat panduan untuk hero Reaper dan Sombra. Bagaimana dengan hero lainnya? Well, kamu bisa merequest langsung pada kami, bila kamu membutuhkan panduan sebuah hero.

2. Berhitung di Overwacth

Variable kedua yang harus kamu ketahui adalah, hitungan yang menjadi patokan dalam setiap kondisi yang lazim terjadi di Overwatch.

Overwatch memiliki gameplay layaknya sebuah permainan kartu Black Jack yang mengenal istilah satu (1), nol (0), dan minus satu (-1), dengan penambahan variabel baru yaitu minus dua (-2) untuk tim.

Arti Nilai di Atas

  • Nilai satu (1): Keuntungan bagi tim kamu
  • Nilai nol (0): Status quo (netral)
  • Nilai minus satu (-1): Kerugian bagi tim kamu
  • Nilai minus dua (-2): Team wipe

Pada intinya, ketika sebuah objektif tidak tersentuh atau contest berhasil, kondisi tim kamu dan objektif adalah nol. Saat kamu berhasil menggerakkan atau mengambil objektif, maka nilai objektif dan tim kamu adalah satu dan minus satu bagi tim musuh. Bila kamu berhasil membunuh dua musuh, maka nilai tim kamu juga satu sedangkan nilai tim musuh adalah minus satu begitupun sebaliknya.

Ketika kamu terkena push back, maka tim kamu akan mendapatkan nilai minus satu sedangkan tim lawan mendapatkan nilai satu. Nilai minus dua hanya terjadi saat tim kamu terbunuh semua (Team Kill). Kenapa minus dua? Karena saat terjadi team kill, segala usaha untuk menciptakan peluang harus dimulai lagi dari awal, sehingga kondisi ini merupakan kerugian paling besar yang kamu hadapi di Overwatch.

Dengan mengingat variabel ini kamu bisa bertindak sesuai dengan kondisi yang berlaku, termasuk untuk survive lebih lama, kapan melakukan babysitting saat menggunakan support, menjadi carry yang baik, mencegah overextended, dan banyak lagi.


Contoh:

Saat kita menggunakan Mercy ada seorang Reaper yang melakukan flank dengan sembrono sehingga dikejar empat hero. Alih-alih melakukan pulling lalu melarikan diri dengan Wraith Form, Reaper tersebut malah memilih untuk melakukan hail mary dengan Death Blossom.

Bila kamu menerapkan perhitungan di atas, kamu tidak boleh terbang ke Reaper dengan menggunakan Guardian Angel, karena hal tersebut akan membuat tim kamu kehilangan satu hero lagi, yaitu kamu. Memang kamu akan respawn kembali delapan detik kemudian, tetapi waktu respawn tersebut lebih dari cukup untuk membuat tim kamu kewalahan. Apalagi Mercy biasanya bertugas sebagai healer utama.


Sekarang mari kita terapkan cara berhitung di atas pada setiap peran yang ada di Overwatch agar kamu bisa mengambil tindakan yang sesuai dengan kondisi pertempuran.

Hitungan Carry

Saat kamu menjadi carry, kamu harus sering-sering melihat kondisi tim. Biasanya carry mengalami kesulitan untuk tinggal terlalu lama (stay) di sebuah objektif karena faktor HP yang kecil. Tetapi bukan berarti carry harus selalu melakukan flanking pada tim lawan terus menerus. Selalu perhitungkan kondisi support yang ada di dalam tim. Jangan terlalu sering berpencar (scatter) sehingga sulit untuk dijangkau support. Lindungi mereka dari flanker lawan (Tracer, Reaper, Genji, dan banyak lagi).

Bila kondisi berubah dari nol menjadi minus satu, perhatikan posisi setiap anggota tim. Bila tank dan healer masih berdiri kokoh, coba habisi setiap flanker yang datang merangsek untuk mengembalikan nilai menjadi nol. Bila tank kamu tumbang, bertahanlah selama mungkin baik dengan memanfaatkan support maupun tidak. Saat tank dan support kamu tumbang, tugas kamu hanyalah memastikan mereka kesulitan dalam mengubah nilai dari nol ke satu, menghajar support mereka (tugas paling sulit saat tertekan) atau melakukan pulling sebisanya.

Hitungan Tank

Bila hitungan carry selesai, saatnya kita beralih ke hitungan lini depan alias pasukan tank. Biasanya setiap tim Overwatch akan memiliki satu hingga dua tank sekaligus dengan Reinhardt sebagai tank utama. Menjadi tank ini gampang-gampang susah, pasalnya mereka adalah target utama tim lawan karena memiliki hitbox paling besar, tetapi di satu sisi seorang tank akan mendapatkan support terus-menerus.

Masalah utama seorang tank adalah mereka cukup sering overextended atau masuk terlalu jauh ke kerumunan musuh, terutama Reinhardt yang memiliki skill Charge. Banyak Reinhardt pemula yang berjudi dengan cara melakukan Charge ke tengah-tengah musuh. Hal ini merupakan tindakan yang sembrono dengan tingkat keberhasilan sangat rendah.

Overextended ini akan mengacaukan formasi tim, mengekspos support dan carry serta membuka peluang bagi musuh untuk mengubah nilai nol menjadi satu. Apapun yang terjadi jangan pernah overextended, terutama bila kamu menggunakan tank dengan mobilitas rendah seperti (Reinhardt, Zarya dan Roadhog).

Baik dalam posisi Attacker maupun Defender, tank memiliki tugas yang sama, yaitu menjadi tameng terdepan dari tim. Tugas tersebut memiliki pengecualin untuk D.Va yang bisa digunakan untuk menembus garis belakang musuh menemani flanker atau Winston yang biasanya digunakan ketika musuh memiliki banyak carry dengan HP kecil.

Hitungan Defense

Selesai dengan tank saatnya kita beralih ke hitungan hero defense yang memiliki peran agak rancu. Pada intinya para hero defense memiliki kemampuan untuk menghalau lawan yang datang menyerang, yang sebenarnya juga bisa dilakukan para hero carry. Perbedaan utama antara hero defense dengan hero carry (offense) terletak pada skill set para hero defense yang cenderung situasional dan kurang fleksibel.

Fungsi utama mereka adalah mencegah perubahan status quo pada objektif. Jadi hitungannya mereka harus bisa menjaga nilai nol untuk tetap menjadi nol, walaupun kondisi tim sedang minus satu.

3. Kenali Support Kalian

Untuk bagian hero support, kami tidak akan memberikan hitungan apa-apa karena yang perlu mereka lakukan hanyalah menjaga para anggota tim sambil berusaha untuk tidak menjadi beban tim. Sebagai gantinya kami memberikan insight yang lebih detil, karena mereka memberikan impak paling besar dalam pertempuran.

Hero support memiliki tugas untuk menjaga teman-temannya di pertempuran. Karena itu Blizzard biasanya melengkapi mereka dengan kemampuan healing dan berbagai kemampuan lain yang sifatnya memperkuat tim.

Hero support pertama yang akan kami bahas adalah Mercy yang kemungkinan besar akan menjadi healer utama setelah Lucio mendapat nerf dari Blizzard di PTR. Mercy adalah support dengan surivivability cukup rendah. Satu-satunya escape mechanism yang dimiliki oleh Mercy adalah Guardian Angel yang membutuhkan target hero kawan.

Ultimate Mercy adalah Resurrect yang sedikit kontraproduktif, karena Mercy harus menunggu sampai teman-temannya mati baru kemudian mengaktifkan skill Resurrect. Walaupun kontraproduktif, kesempatan kedua ini sering menjadi penentu kemenangan.

Setelah Mercy, kami akan mengajak kamu berkenalan dengan secondary healer, mereka adalah Lucio, Zenyatta, dan Ana. Ketiganya disebut sebagai secondary healer karena biasanya digunakan secara tandem dengan Mercy.

Di antara semua hero support, Lucio dengan skill Crossfade dan Amp it Up memiliki tingkat survivability paling tinggi, jadi Lucio sangat efektif untuk menjaga status quo sebuah objektif bersama dengan hero lain ketika tank tumbang.

Untuk Zenyatta, sebelum Sombra hadir dengan Hack, dia adalah satu-satunya hero yang bisa melakukan debuff pada musuh melalui Orb of Discord. Pergunakan Orb of Discord untuk melunakkan para tank musuh dan optimalkan Orb of Harmony untuk para carry yang tidak memiliki kemampuan self healing (Genji dan McCree).

Untuk Ana, dia adalah seorang healer dengan fleksibilitas paling tinggi dalam urusan menyerang dan bertahan. Fleksibilitas Ana datang dari Biotic Rifle dan Biotic Grenade yang bisa digunakan untuk melukai lawan ataupun mengheal teman tergantung dari apa yang ditarget. Ana tidak memiliki escape mechanism apapun tetapi sebagai gantinya dia memiliki disable berupa Sleep Dart yang kerap digunakan untuk menghentikan ultimate lawan.

Untuk Symmetra kami agak bingung dengan posisinya yang serba rancu. Blizzard memasukan Symmetra sebagai hero support, tetapi sejatinya fungsi dan peran Symmetra lebih cocok dikategorikan sebagai hero defense yang sangat situasional. Dengan memanfaatkan Sentry Turret, Symmetra bisa ditugaskan sebagai pertahanan titik seperti Bastion dan Trobjorn. Begitu memiliki ultimate Symmetra berubah menjadi summoner hero yang bisa memindahkan hero teman dengan cepat dan melalui serangan Photon Projector yang aimless Symmetra bisa melumpuhkan hero-hero dengan mobilitas super tinggi seperti Genji dan Tracer.

4. Tips Umum

Bertahan Hidup di Pertempuran

Walaupun kamu sudah mengerti seluruh variabel di atas, semua tidak ada gunanya bila kamu sering mati dan membuat kondisi tim mengalami minus satu terus menerus. Selalu hafalkan lokasi health pack dan jangan coba-coba berjudi dengan nasib apalagi terhadap konter hero yang sedang kamu gunakan.

Sebagai contoh, bila kamu menggunakan Reaper dan sedang dibidik Pharah, tidak ada salahnya kamu masuk ke dalam bangunan untuk menghindari damage yang berlebihan. Setelah masuk ke dalam bangunan, jangan keluar dari pintu yang sama dengan pintu masuk kamu tadi, atau usahamu akan percuma.

Support dan tank akan sangat berterima kasih bila kamu tidak terus-terusan mati dan menambah beban mereka.

Jangan Overextended

Overextended merupakan hal yang lazim terjadi di kalangan pemain Overwatch pemula, terutama saat tim mengalami tekanan. Ujung-ujungnya mereka akan maju merangsek sendirian ke tengah-tengah musuh tanpa memikirkan risiko dan hitungan yang kami berikan di atas. Kondisi tersebut dinamai sebagai overextended.

Cara paling mudah untuk melihat kamu sedang overextended atau tidak bisa dilihat dari banyaknya lawan dan kawan di lokasi kamu berdiri. Bila lawan terlalu banyak sedangkan tidak ada kawan di sekitar kamu, maka kemungkinan besar kamu melakukan overextended, atau out of position. Kalau sudah begini, ada baiknya kamu melakukan regroup dengan tim dan maju bersama-sama. United we stand, divided we fall.

Tingkatkan Kemampuan Aim

Beberapa orang memiliki bakat alami berupa aiming yang luar biasa akurat sehingga ahli bermain FPS. Bila kamu tidak memiliki bakat tersebut, kamu bisa meningkatkannya sedikit demi sedikit dengan cara melakukan latihan aim terus-menerus.

Salah satu cara latihannya bisa disimak di bawah ini

Aim di Overwatch sangat bergantung pada jenis senjata yang kamu gunakan. Bila senjata kamu bertipe proyektil, maka kamu harus memperkirakan posisi berdiri musuh ketika mereka bergerak dan video di atas tidak bisa kamu gunakan. Sebaliknya bila senjata yang kamu gunakan bertipe hitscan, maka kamu bisa menggunakan cara berlatih aim yang ada di video tersebut.


Well, sekian artikel panduan kami kali ini, semoga pengetahuan yang kami bagikan ini bermanfaat bagi kamu. Sebentar lagi Overwatch bisa dimainkan gratis pada 18 hingga 21 November 2016, jadi kalian bisa menerapkan panduan hari ini pada kesempatan tersebut. Seperti biasa, pantau terus metaco.gg untuk panduan Overwatch lainnya. With every death, comes honor. With honor, redemption. Ciao!