Patch 1.4.70 Mobile Legends: Moonton Akhirnya Membunuh Meta Hyper Carry
Kalimat membunuh mungkin terlalu berlebihan, karena sebenarnya sampai detik ini meta tersebut masih eksis di Mobile Legends. Tapi Moonton memang benar-benar menghapus fasilitas utama meta hyper carry agar tidak terlalu dominan di setiap match.
Penghapusan ini datang melalui patch 1.4.70 yang dibarengi dengan hadirnya hero Popol dan Kupa.
Pada patch 1.4.70 ada beberapa hal yang berubah, salah satu di antaranya adalah equipment roaming yang diganti salah satu fungsi skillnya. Sedangkan perubahan yang lain datang dari emblem Bounty Hunter yang dimiliki oleh assassin.
Roaming Equipment
Roaming equipment pada awalnya diciptakan oleh Moonton untuk para tank yang menjaga para core di mid atau bottom lane. Roaming equipment didesain untuk menghilangkan pembagian EXP dan gold yang didapatkan melalui minion atau jungle monster.
Jadi tujuan awal dari roaming equipment adalah memberikan EXP dan gold sebesar-besarnya untuk core sementara tank bisa mendapatkan EXP dan gold secara otomatis setiap 4 detik sekali.
Selain itu mereka juga akan mendapatkan bonus tambahan yang berasal dari Unique Passive “Thriving” bila tank tersebut di posisi terbawah. Bisa dibilang roaming equipment merupakan fasilitas catch up untuk hero tank yang biasanya ketinggalan EXP dan gold.
Pada awalnya roaming equipment ini berfungsi dengan normal. Hingga akhirnya Moonton mengubahnya di patch 1.4.46.
Pada patch tersebut skill Devotion yang dimiliki Wooden Mask bisa membagi EXP dan gold yang dimilikinya pada hero dengan gold tertinggi yang berada di satu lane. Otomatis skill Devotion ini akan sangat berguna bagi para carry yang biasanya sudah dimanjakan dari awal.
Bayangkan bila carry tersebut menggunakan Wooden Mask dan memiliki gold paling banyak di sebuah lane. Maka dia akan mendapatkan pembagian EXP dan gold, plus sejumlah penambahan yang berasal dari skill pasif Devotion saat itu (2 gold dan EXP_ setiap 4 detik).
Format pembagian EXP dan gold ini sangat mendukung meta hyper carry yang mengharuskan sebuah tim menjadikan satu orang carry secepat mungkin.
Bayangkan bila seorang Ling bisa mendapatkan 1000 gold di 1 menit pertama. Dengan memanfaatkan Devotion, maka dia akan mendapatkan 30 EXP dan 30 gold tambahan. Itu belum ditambah lagi dengan minion yang terbunuh oleh hero lain, yang otomatis akan masuk ke Ling kalau dia memiliki gold lebih tinggi.
Pada patch sebelumnya skill Devotion tidak bermasalah, karena bonus EXP dan gold tidak akan mengalir ke pemain yang memiliki gold lebih tinggi. Walaupun mereka sama-sama menggunakan Wooden Mask.
Pada patch 1.4.70 skill Devotion diubah total dan hanya menyisakan fungsinya untuk menghilangkan pembagian EXP dan gold selama 12 menit untuk pemain lain yang menggunakan Wooden Mask maupun tidak.
Bounty Hunter
Perubahan kedua yang dilakukan Moonton untuk menenggelamkan meta hyper carry adalah menghadirkan talent Bounty Hunter yang jauh lebih kuat ketimbang sebelumnya.
Pada versi lama, Bounty Hunter hanya akan memberikan gold yang tetap dengan angka maksimal. Pada versi barunya, Bounty Hunter akan memberikan gold tambahan yang bergantung pada seberapa berarti hero lawan yang dikill. Tidak hanya itu, seluruh tim kini juga akan mendapatkan extra Gold.
Sebagai contoh, pengguna akan mendapatkan Gold lebih banyak saat melakukan kill terhadap hero yang mempunyai KDA 14/0/4 dibandingkan melakukan kill terhadap hero yang mempunyai KDA 0/14/6.
Perubahan ini dimaksudkan agar para assassin kembali digunakan di dalam meta, mengimbangi dominasi marksman yang belakangan ini semakin populer karena berubahnya fungsi buff.
Semoga langkah perubahan ini tepat, terutama untuk perubahan emblem. Sebab walaupun diperuntukan bagi assassin, marksman tidak haram menggunakan emblem tersebut. Bisa jadi, marksman akan tetap mendominasi dan kembali menyingkirkan peran assassin yang dianggap terlalu rumit dan beresiko tinggi.