Cara Bermain Legends of Runeterra, Game Kartu League of Legends
Berbarengan dengan League of Legends: Wild Rift, Riot Games juga mengumumkan game kartu baru, yaitu Legends of Runeterra. Tapi tidak hanya diumumkan, kita juga sudah bisa melihat mekanisme dan cara memainkan game ini melalui video serta livestream dari berbagai streamer berbahasa Inggris.
Secara singkat, Legends of Runeterra punya banyak mekanisme yang harusnya cukup familier untuk kamu yang mengenali Hearthstone, Magic, dan beberapa game kartu modern lain. Tapi untuk lebih jelasnya, kami akan menjabarkan cara bermain Legends of Runeterra dari tiap elemennya.
Kartu Dan Deckbuilding
Layaknya game kartu, kamu bermain dengan deck berisi 40 kartu, angka yang cukup normal untuk mayoritas game kartu. Kartu-kartu ini terdiri dari creature/minion serta spell. Creature punya stats atau atribut, sementara spell memberikan efek langsung. Selain itu kamu juga bisa memainkan Champion alias kartu creature yang lebih kuat baik dari segi atribut atau kemampuan.
Kartu-kartu ini juga terbagi menjadi enam fraksi atau class. Kartu yang berasal dari fraksi yang sama tentu punya efek atau sinergi yang lebih baik. Karena itu kamu mungkin ingin menggunakan deck yang hanya terdiri dari satu atau dua fraksi. Tapi kita lihat saja jika nantinya ada deck yang bisa menggunakan tiga fraksi atau lebih.
Kamu hanya bisa memasukkan tiga kartu yang sama ke dalam satu deck. Selain itu kamu hanya bisa memasukkan maksimal enam Champion ke dalam deck.
Resource
Ketika bermain, kamu perlu mana untuk memainkan kartu di tangan. Kamu akan memulai permainan dengan satu mana dan akan bertambah satu per satu tiap gilirannya. Dalam game ini kamu hanya bisa punya maksimal 10 mana saja.
Satu mekanisme yang unik dalam game ini adalah ketika kamu mengakhiri giliran dengan mana yang masih tersisa, mana tersebut akan tersimpan ke tempat khusus. Kamu hanya bisa menyimpan maksimal tiga mana ekstra, dan hanya bisa digunakan untuk memainkan spell saja.
Interaksi Antar Pemain
Kedua pemain memulai permainan dengan 20 HP. Untuk menang kamu tentu menghasilkan 20 damage ke HP lawan tersebut sebelum dan melindungi HP kamu dari serangan lawan.
Ketika satu giliran dimulai, kedua pemain akan mendapatkan posisi sebagai attacker dan defender. Pemain yang berada dalam posisi attacker bisa memainkan kartu lebih dulu. Posisi ini akan berganti tiap giliran hingga permainan berakhir.
Kedua pemain akan memainkan kartu secara bergantian, satu per satu. Artinya setelah kamu memainkan satu kartu, lawanmu bisa menanggapi dengan memainkan satu kartu milikinya. Setelah itu kamu bisa memainkan satu kartu dari tanganmu, dan seterusnya.
Ketika memainkan creature atau minion, kamu tidak langsung memasukkannya ke atas board. Mereka akan ditempatkan di tempat seperti bench terlebih dahulu. Selama masih punya HP (angka dengan latar merah), creature yang ada di atas bench akan tetap berada di bench.
Jika kamu berada dalam posisi attacker, kamu bisa menyerang dengan memasukkan creature yang ada di bench ke atas board. Serangan ini akan selalu diarahkan ke muka atau HP lawan. Tapi lawanmu tentu bisa bertahan dengan menempatkan creature untuk memblokir serangan tersebut.
Dalam Legends of Runeterra, defender berhak menentukan siapa yang bertahan dan dari creature yang mana. Satu creature attacker hanya bisa diblok oleh satu creature defender. Tentu saja defender bisa memilih untuk tidak memblokir serangan dari beberapa creature lawan.
Setelah defender menentukan siapa yang akan memblokir serangan attacker, barulah combat terjadi. Creature yang berhadapan akan menyerang HP satu sama lain berdasarkan jumlah serangan yang ia miliki. Creature milik defender juga tetap akan menghasilkan damage ke creature milik attacker, sementara creature attacker yang tidak diblok akan menghasilkan damage langsung ke pemain.
Jika HP creature nol, makan creature tersebut mati. Setelah combat terjadi, semua creature yang masih punya HP akan kembali ke bench. Satu hal yang perlu diingat adalah overkill sepenuhnya diabaikan. Artinya jika creature dengan damage 10 diblokir oleh creature dengan satu HP, sembilan damage berlebih tersebut tidak akan pindah ke creature lain atau HP pemain.
Setelah combat selesai, kedua pemain masih bisa memainkan kartu jika ingin. Tapi combat tidak bisa lagi terjadi sampai giliran berikutnya.
Setelah giliran berakhir, kedua pemain bertukar posisi. Attacker menjadi defender, sementara defender menjadi attacker. Mana sisa yang tidak terpakai akan pindah ke penyimpanan, dan kedua pemain akan mendapatkan satu mana maksimal tambahan (jika belum mencapai 10). Setelah itu kedua pemain kembali berinteraksi sampai salah satu pemain kehilangan 20 HP.