Kamus dan Serba-Serbi Esports

Kamus Metaco: Apa Itu Frame Data di Game Fighting

Salah satu aspek yang menjadi daya tarik game fighting terutama di level kompetitif adalah frame data. Meskipun bukan jadi sesuatu yang akan dihafal oleh pemain, frame data selalu jadi pusat gameplay pemain. Tapi apa sebenarnya apa arti frame data di game fighting?

Frame data adalah sebuah istilah yang mengacu pada animasi. Gerakan sebuah karakter di video game sebenarnya terdiri dari sejumlah gambar gambar atau posisi statis yang dimainkan secara berurutan dalam waktu cepat. Setiap posisi statis ini disebut sebagai frame.

kamus-metaco-arti-frame-data-ryu

Frame data merujuk ke berapa lama waktu yang diperlukan seorang karakter untuk melakukan sebuah gerakan. Ini mulai dari berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengeluarkan pukulan/serangan, berapa lama waktu sampai serangan tersebut aktif dan bisa melukai lawan, dan berapa lama waktu yang diperlukan agar kembali ke posisi siap (backswing). Karena animasi karakter biasanya terjadi dengan cepat, satu detik animasi karakter biasanya terdiri dari 60 frame.

Nah, frame data ini sejatinya mendefinisikan fungsi dan potensi masing-masing gerakan yang dimiliki sebuah karakter. Misalnya, serangan yang menghasilkan damage besar biasanya punya frame data yang buruk. Artinya serangan tersebut biasanya punya ancang-ancang yang lambat sehingga mudah diantisipasi serta punya backswing yang lama sehingga bisa di-punish dengan mudah.

Salah satu hal yang membentuk identitas dan gaya bermain sebuah karakter di game fighting dan Smash adalah frame data ini. Masing-masing karakter tentu punya gerakan/serangan dengan frame data yang cepat dan juga yang lambat. Dalam permainan pada umumnya, pemain tentu ingin mencari celah dengan melempar serangan dengan frame data yang cepat. Seperti apa serangan cepat tersebut juga menentukan hal lain seperti potensi combo atau follow-up.

Tapi ini hanya menyentuh permukaan mengenai frame data. Ketika digali lebih dalam, frame data ini sebenarnya cukup rumit dan juga unik untuk masing-masing game fighting. Kami akan menjelaskan seluk beluk mengenai frame data di artikel terpisah.