Kamus Gaming: Arti Buffer di Game Fighting
Buffer adalah sebuah teknik yang memungkinkan pemain untuk memasukkan perintah gerakan sebelum gerakan sebelumnya selesai. Dengan demikian, pemain dapat mengeluarkan gerakan berikutnya dengan lebih cepat dan lancar. Buffer biasanya digunakan untuk menghubungkan serangan-serangan yang memiliki jeda waktu yang sempit atau untuk mengantisipasi gerakan lawan.
Buffer dapat dibagi menjadi beberapa jenis, tergantung pada situasi dan tujuannya. Berikut adalah beberapa jenis buffer yang umum digunakan di game fighting:
- Buffer normal: Buffer yang dilakukan saat melakukan serangan normal seperti jab, kick, atau slash. Buffer normal dapat digunakan untuk mengeluarkan gerakan spesial seperti hadoken, shoryuken, atau sonic boom dengan lebih mudah dan akurat. Buffer normal juga dapat digunakan untuk mengeluarkan super atau ultra combo dengan lebih cepat dan tanpa jeda.
- Buffer cancel: Buffer yang dilakukan saat melakukan gerakan spesial atau super combo yang dapat dibatalkan (cancelable). Buffer cancel dapat digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih gerakan spesial atau super combo dalam satu kombinasi (combo). Buffer cancel juga dapat digunakan untuk mengubah arah atau jarak gerakan spesial atau super combo dengan menggunakan gerakan lain sebagai pengganti (substitute).
- Buffer link: Buffer yang dilakukan saat melakukan serangan normal yang dapat dihubungkan (linkable) dengan serangan normal lainnya. Buffer link dapat digunakan untuk memperpanjang durasi atau kerusakan combo dengan menambahkan serangan normal lainnya. Buffer link juga dapat digunakan untuk mengubah timing atau ritme combo dengan menggunakan serangan normal yang memiliki kecepatan atau jarak yang berbeda.
- Buffer charge: Buffer yang dilakukan saat melakukan gerakan spesial atau super combo yang membutuhkan pengecasan (charge) terlebih dahulu. Buffer charge dapat digunakan untuk mengurangi waktu pengecasan dengan memulainya sebelum gerakan sebelumnya selesai. Buffer charge juga dapat digunakan untuk menyembunyikan pengecasan dengan menggunakan gerakan lain sebagai penutup (cover).
- Buffer input: Buffer yang dilakukan saat memasukkan perintah gerakan yang memiliki input yang rumit atau sulit. Buffer input dapat digunakan untuk menyederhanakan input dengan menggunakan gerakan lain sebagai bantuan (assist). Buffer input juga dapat digunakan untuk meningkatkan keakuratan input dengan menggunakan gerakan lain sebagai koreksi (correction).
Contoh buffer di game fighting adalah sebagai berikut:
- Di Street Fighter, pemain dapat memasukkan perintah hadoken (quarter circle forward + punch) saat melakukan serangan normal seperti jab atau medium kick. Jika serangan normal tersebut mengenai lawan, maka hadoken akan keluar secara otomatis tanpa perlu menekan tombol punch lagi.
- Di Tekken, pemain dapat memasukkan perintah throw (forward + left punch + right punch) saat melakukan sidestep atau backdash. Jika lawan melakukan serangan yang bisa ditangkap, maka throw akan keluar secara otomatis tanpa perlu menekan tombol left punch dan right punch lagi.
Buffer adalah salah satu teknik dasar yang penting untuk dikuasai oleh pemain game fighting. Dengan buffer, pemain dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas gerakan mereka, serta mengurangi kesalahan input. Buffer juga dapat membantu pemain untuk mengekspresikan gaya bermain mereka dengan lebih kreatif dan variatif.