Panduan Decklist Hearthstone: Murloc/Anyfin Paladin
Anyfin Paladin adalah salah satu deck Paladin yang lahir ketika ekspansi League of Explorers. Selama musim The Year of Kraken, deck ini adalah satu dari sedikit deck Paladin yang bisa bertahan secara kompetitif.
Sesuai namanya, ide besar dari deck ini adalah menggunakan kartu Anyfin Can Happen sebagai finisher di late game. Dengan efek menghidupkan kembali Murloc yang sudah mati sepanjang permainan, Anyfin Can Happen bisa menghasilkan damage yang sangat besar apalagi jika digunakan dua kali.
Namun karena punya mana cost 10, kamu tentunya harus bertahan hidup sampai agar sampai ke late game dan mengeluarkan kartu pamungkas tersebut.
Decklist
Kartu Utama
Kartu utama untuk deck ini ada enam: dua Anyfin Can Happen, dua Murloc Warleader (3 mana 3/3), dan dua Bluegill Warrior (2 mana 2/1). Yup, meskipun berpusat pada Murloc, kamu cuma perlu dua jenis kartu Murloc tersebut untuk deck ini.
Ketika dua Bluegill dan dua Warleader dihidupkan kembali dengan Anyfin, kamu akan punya total 12 damage dari dua Bluegill yang mendapatkan buff dari dua Warleader. Ketika menggunakan Anyfin Can Happen untuk kedua kalinya, kamu akan punya total 30 atau 32 damage tergantung kombinasi Murloc yang kamu peroleh, tiga Bluegill plus empat Warleader (30) atau empat Bluegill dan tiga Warleader (32).
Kartu Penting Lain
Sisa isi deckmu adalah kartu untuk mengimbangi inisiatif lawan dan juga bertahan hidup, sembari kamu mencoba mencari potongan combomu dengan card draw.
Kartu seperti Consecration, Equality, Wild Pyromancer, dan Doomsayer adalah kartu AoE yang penting untuk menghadapi deck agresif yang mengandalkan minion kecil dalam jumlah banyak. Menghadapi minion yang lebih besar, kamu punya kombinasi Aldor Peacekeeper dan Stampeding Kodo, serta senjata andalan Truesilver Champion.
Untuk bertahan hidup, kamu perlu beberapa heal seperti Ragnaros Lightlord, Forbidden Healing, dan Ivory Knight.
Lalu untuk card draw, kamu bisa menggunakan Solemn Vigil, Loot Hoarder, Acolyte of Pain, Azure Drake, dan/atau Lay on Hands. Yang mana yang bisa kamu gunakan tergantung dari lawan yang sering kamu temui dan juga preferensi.
Tech Choice
Decklist di samping lebih ditujukan untuk lawan yang decklist mid range dan control, menggunakan kartu seperti Curator, dua Ivory Knight, dan juga Ragnaros Firelord.
Kalau kamu sering menjumpai deck agresif, cabut Ivory Knight atau Ragnaros Firelord dan masukkan Loot Hoarder kedua untuk mengimbangi early game lawan dan juga satu lagi Forbidden Healing agar bisa bertahan lebih lama.
Kalau ternyata kamu sering menjumpai deck control super berat yang punya banyak minion besar, cabut kartu early game seperti Loot Hoarder dan masukkan satu lagi Stampeding Kodo. Meskipun begitu, saya sendiri merasa decklist di samping sudah cukup untuk mengimbangi deck control.
Gameplay
Ketika menggunakan deck ini, tugasmu adalah sebisa mungkin bertahan di early game, lakukan draw dan setup di mid game sebelum akhirnya masuk ke late game. Jangan lupa juga memainkan semua kartu Murloc yang kamu punya. Meskipun ingin mereka mati dalam permainan, pastikan kamu juga menggunakan Murloc ini dengan efisien.
Begitu masuk ke late game, kalau keemat Murloc di deck sudah mati sebelumnya, dua kali Anyfin Can Happen harusnya bisa menyelesaikan permainan dengan mudah. Namun tugas “bertahan di early game dan draw kartu di mid game” bukanlah hal yang mudah.
Vs. Aggro dan Mid Range
Menghadapi deck agresif, kamu harus memiliki kartu early game , AoE/board clear, dan juga heal. Lawan akan berusaha menghabisimu bahkan sebelum kamu bisa mencapai late game. Kartu seperti Doomsayer, Consecration, dan Forbidden Healing akan sangat membantumu untuk selamat sepanjang early dan mid game.
Kalau kamu bisa menangani agresi lawan, kamu harusnya bisa unggul di late game karena punya minion besar seperti Ragnaros Lightlord sebelum menghabisi lawan dengan Anyfin Can Happen. Bahkan kadang kamu sudah menang hanya dengan minion besar tanpa perlu menggunakan Anyfin Can Happen.
Vs. Control
Meskipun dibuat untuk cenderung bermain bertahan, deck ini lebih cepat dari deck control pada umumnya (misal Control Warrior). Berikan pressure ke lawan lebih awal untuk mencicil lawan atau memancing removal yang tidak efisien. Ini akan membuat minion besarmu lebih sulit ditangani, dan pada akhirnya membuatmu lebih leluasa menggunakan Anyfin Can Happen sebagai finisher.
Satu hal yang perlu kamu perhatikan adalah apakah kamu akan bermain lama sampai menyentuh fatigue. Kalau sudah begitu, jangan terlalu sering melakukan card draw kecuali kamu yakin bisa mengalahkan lawanmu segera. Selain itu, gunakan kartu heal yang kamu miliki seefektif mungkin, karena heal tersebut bisa memberikanmu keunggulan dalam fatigue.