Blizzard Deklarasikan Identitas Class Dan Umumkan Kartu Classic Baru Di Hearthstone
Blizzard sekali lagi mengumumkan update untuk Hearthstone yang akan berujung pada kartu baru. Tapi kali ini mereka tidak hanya mengumumkan konten baru saja. Mereka juga mendeklarasikan beberapa hal yang akan menentukan arah konten dan kartu baru Hearthstone ke depannya.
Berikut adalah rincian singkatnya, mulai dari apa yang mereka umumkan dan konten baru apa yang akan kamu dapatkan segera.
Identitas Class Akhirnya Dideklarasikan
Yup, Blizzard akhirnya memutuskan untuk benar-benar mendefinisikan identitas tiap class yang ada di Hearthstone. Identitas ini tidak hanya mendefinisikan tema class ini secara visual. Kelebihan dan kekurangan class tersebut juga akhirnya dideklarasikan, dan keduanya akan dicerminkan dalam kartu yang mereka miliki.
Berikut adalah identitas yang mereka berikan untuk masing-masing class berdasarkan kelebihan dan kekurangannya.
Druid
Druid dikenal sebagai deck yang sangat fleksibel. Class ini bisa berubah dari bertahan ke menyerang dengan cepat. Agresinya pun cukup fleksibel, antara memasang minion besar atau membanjiri board dengan minion kecil. Tapi sebagai kelemahannya mereka kesulitan membunuh minion lawan atau board clear.
- Kelebihan: Regenerasi mana, bisa memasang minion besar atau swarm minion kecil, card draw, Beast
- Kekurangan: Membunuh minion besar, board clear
Hunter
Hunter bermain dengan pasukan Beast. Class ini punya agresi yang tinggi, tapi minim opsi dalam urusan bertahan. Secret dan Deathrattle yang dipasang dengan baik juga memastikan mereka tetap bisa bermain agresif selama mungkin.
- Kelebihan: Beast, face damage, Secret, Deathrattle
- Ada Tapi Terbatas: Card draw dan resource generation, board clear, Taunt
- Kekurangan: Healing
Mage
Mage adalah ahlinya spell. Class ini bisa mendominasi pertandingan dengan penggunaan spell, besar maupun kecil, di waktu yang tepat. Kemampuan ini diharapkan bisa menutupi kelemahan mereka dalam bertahan.
- Kelebihan: Spell, Secret, board clear
- Ada Tapi Terbatas: Minion swarm
- Kekurangan: Healing, Taunt, Buff minion
Paladin
Paladin adalah class yang sangat berbasis pada minion. Class ini bisa memberikan berbagai buff ke minion untuk mengendalikan permainan dan menghasilkan damage. Tapi untuk urusan direct damage, class ini sangatlah kesulitan.
- Kelebihan: Minion swarm, buff dan debuff, healing, Divine Shield, Secret
- Ada Tapi Terbatas: Cost reduction
- Kekurangan: Direct damage dan mengatasi minion besar
Priest
Priest mampu menggunakan spell untuk menyerang dan bertahan tergantung situasi dan kebutuhan. Class ini dikenal tidak bisa bermain agresif, tapi ini ditutupi dengan kemampuannya memanipulasi resource untuk menciptakan pasukan minion yang sulit diatasi.
- Kelebihan: Healing, menggandakan kartu, buff ke satu minion, Deathrattle, dan spell yang terbatas tapi sangat kuat
- Ada Tapi Terbatas: Card draw
- Kekurangan: Direct damage, buff ke banyak minion
Rogue
Sebagai class yang bergerak di balik bayangan, Rogue selalu menyerang dengan gerakan terencana di saat yang tepat. Karena itu meskipun hampir tidak punya mekanisme bertahan, class ini mampu menciptakan resource dalam waktu singkat dan dengan cepat mengubah tempo permainan.
- Kelebihan: Combo, membunuh satu minion, card draw, senjata, Deathrattle
- Kekurangan: Taunt, healing, board clear, dan buff ke banyak minion
Shaman
Salah satu ciri khas Shaman adalah Overload yang mengizinkan class ini memainkan kartu yang lebih kuat lebih awal. Dengan spell yang bervariasi, Shaman juga cukup fleksibel dan mampu menghadapi berbagai situasi.
- Kelebihan: Minion swarm, damage spell, Totem, Elemental, Murloc
- Kekurangan: Card draw dan card generation
Warlock
Warlock selalu dikenal sebagai class yang mampu melakukan banyak hal, mulai dari memunculkan minion besar sampai mendapatkan resource. Tapi semuanya memiliki tumbal, entah itu Health atau sumber daya lain. Bisa mengelola risk and reward ini selalu jadi ciri khas Warlock sejak lama.
- Kelebihan: Efek sacrifice yang sangat kuat, card draw, minion swarm, disrupsi, Demon
- Kekurangan: Direct damage, healing dalam jumlah besar
Warrior
Sebagai class yang identik dengan peperangan, Warrior punya banyak senjata, armor, dan minion untuk berhadapan langsung dengan musuhnya. Class ini kekurangan agresi murni, tapi ditutupi dengan kemampuan mengendalikan agresi lawan dengan sangat baik sebelum nanti membalas dengan minion besar.
- Kelebihan: armor, senjata, Taunt, dan membasmi minion lawan
- Ada Tapi Terbatas: Card draw dan card generation
- Kekurangan: Direct damage, menciptakan banyak minion dan memberikannya buff
Dua Kartu Masuk Hall of Fame Dan Digantikan Dengan Kartu Baru
Identitas ini tentu saja dibuat bukan karena iseng saja. Dengan adanya identitas ini, Blizzard akan punya batasan sendiri dalam membuat kartu untuk masing-masing class. Misalnya, dengan identitas ini, ekspansi berikutnya Druid kemungkinan besar tidak akan mendapatkan kartu board clear baru.
Tapi ini tidak hanya berpengaruh pada kartu di ekspansi yang akan datang saja, tapi juga kartu yang ada sekarang. Demi mengikuti identitas class, Blizzard memutuskan memasukkan Vanish dan Mind Blast ke Hall of Fame.
Alasan untuk kedua kartu tetap sama, yaitu agar class tersebut konsisten dengan identitasnya. Vanish adalah board clear yang harusnya jadi kelemahan Rogue, begitu juga Mind Blast yang merupakan direct damage milik Priest yang harusnya minim direct damage.
Kedua kartu ini kemudian digantikan oleh kartu baru, yaitu Plaguebearer dan Radiance. Keduanya dianggap lebih mengikuti tema dan identitas masing-masing class tersebut.
Kartu Classic Baru
Bersamaan dengan itu, Blizzard juga memperkenalkan beberapa kartu Classic baru. Kartu-kartu ini bisa kamu dapatkan di Classic Pack atau dibuat dengan Arcane Dust.
Bagaimana menurutmu? Apakah kamu setuju dengan identitas masing-masing class? Apa pendapatmu mengenai kartu baru yang diperkenalkan?