Hearthstone

Opini, Prediksi, Harapan Ekspansi Baru Hearthstone, Journey to Un’Goro

Ekspansi terbaru Hearthstone, Journey to Un’Goro, akan dirilis besok. Berbarengan dengan itu, The Year of Mammoth juga dimulai, dan kartu-kartu dari Blackrock Mountain, The Grand Tournament, League of Explorers, serta beberapa kartu Classic akan ditarik ke Wild. Ini berarti kamu hanya akan punya kartu Classic, Whispers of The Old Gods, One Night in Karazhan, dan Journey to Un’Goro untuk dimainkan.

Dengan perubahan tersebut, tentu metagame dalam Hearthstone akan sangat berubah. Beberapa deck mungkin harus diramu ulang, atau mati sepenuhnya, sementara deck yang baru akan lahir. Ini otomatis akan membuat identitas serta peta kekuatan masing-masing class di Hearthstone berubah.

Sebelum kita mulai membuka pack dan bereksperimen, kami akan memberikan opini, prediksi, dan/atau harapan mengenai apa saja yang akan terjadi di ekspansi baru ini.

Elemental Akan Berusaha Menyaingi Jade

hearthstone-opini-prediksi-journey-to-ungoro-3

Salah satu tema yang sangat kental di ekspansi Journey to Un’Goro adalah banyaknya minion dengan tag Elemental. Mekaniknya sangat mirip dengan cara kerja kartu Jade Golem, yaitu Elemental yang kamu mainkan akan lebih kuat jika kamu memainkan Elemental lain di giliran sebelumnya.

Dengan mekanik yang mirip, Elemental dan Jade Golem akan saling bersaing untuk menjadi archetype yang lebih relevan di meta-game. Keduanya bisa saja tetap sama-sama relevan dan bertahan hidup, namun bukan tidak mungkin salah satunya akan digeser karena kalah kuat.

Mekanik Adapt, Hit or Miss?

hearthstone-opini-prediksi-journey-to-ungoro-4

Selain Elemental, ekspansi ini juga memperkenalkan mekanik Adapt yang memberikan satu dari 10 pilihan buff ke minion di atas board. Minion ini punya stats dasar yang buruk namun sebagai gantinya bisa memberikan Adapt ke diri sendiri, atau punya stats yang bagus dan akan memberikan Adapt ke minion lain.

Secara keseluruhan, menurut saya seberapa sukses mekanik Adapt ini akan bergantung pada deck lain yang ada di metagame. Karena minion yang memberikan Adapt ke diri sendiri cenderung lambat karena tidak memberikan efek apa-apa dalam permainan. Selain itu kamu juga harus beruntung mendapatkan buff yang kamu inginkan. Sementara minion yang memberikan efek Adapt ke minion lain mengharuskanmu punya keunggulan board.

Satu-satunya tipe deck yang bisa memanfaatkan mekanik ini dengan maksimal adalah deck agresif yang memang bisa dan ingin mengambil keunggulan board sejak awal permainan. Namun untuk deck mid-range atau control, saya rasa mekanik Adapt tidak akan mendapat tempat sama sekali.

Identitas Baru untuk Beberapa Class

hearthstone-opini-prediksi-journey-to-ungoro-1

Berkat ekspansi ini, hampir semua class akan mendapatkan identitas baru dari berbagai deck yang bisa lahir. Class yang saat ini sudah cukup kuat dan populer seperti Shaman, Warlock, dan Priest akan punya banyak ‘mainan’ baru yang bisa dicoba. Namun untuk beberapa class, ekspansi ini mungkin punya efek yang lebih signifikan.

Contohnya Hunter yang sekarang ini dianggap sebagai class yang paling lemah di Hearthstone mungkin akan bangkit kembali di ekspansi ini. Dengan banyaknya kartu yang memiliki tag Beast, serta adanya Quest yang dibarengi dengan minion yang murah akan membuat Hunter punya beberapa ide untuk deck agresif mid-range yang baru.

Untuk Rogue, ditariknya Conceal dari Standard akan membuat archetype Miracle Rogue yang khas akan semakin sulit dilakukan. Ini juga secara tidak langsung membuat kemampuan Rogue untuk melakukan combo one-turn kill menjadi semakin sulit. Jika ingin bertahan, Rogue harus mencoba mencari cara agar archetype Miracle tetap kuat, atau berusaha memanfaatkan Quest yang menurut saya tidak begitu bagus.

Class lain juga akan mengalami pergeseran identitas dan kekuatan. Namun siapa yang akan muncul menjadi class terkuat untuk tiga atau empat bulan ke depan masih menjadi tanda tanya.

Kesimpulan: Eksperimen dan Percobaan, Lalu Lihat Mana yang Efektif

hearthstone-opini-prediksi-journey-to-ungoro-2

Quest, mekanik Adapt, Elemental dan interaksinya, serta tag Beast yang jumlahnya sangat banyak akan memberikan banyak ide baru untuk semua class. Archetype baru akan lahir dalam jumlah yang cukup banyak, dan sebagian dari ide tersebut berpusat pada deck control, yang tentu saja menarik.

Namun seperti ekspansi Hearthstone sebelumnya, tidak semua percobaan dan ide baru akan berhasil. Beberapa akan menjadi deck meta, sementara yang lainnya akan hilang atau cuma akan menjadi fun deck. Kita cuma bisa berharap ada banyak ide dan archetype baru yang menjadi efektif, karena itu berarti kita akan melihat kartu-kartu yang berbeda serta pengalaman bermain yang menarik.


Bagaimana menurutmu? Perubahan apa saja yang akan terjadi di Hearthstone saat ekspansi serta rotasi baru ini diimplementasikan besok? Kemukakan pendapatmu di kolom komentar di bawah.