Tekken 7 Umumkan Tanggal Rilis untuk PC dan Konsol, Perkenalkan Gameplay yang Berbeda dari Sebelumnya
Bandai Namco baru saja mengumumkan tanggal rilis Tekken 7, yaitu pada tanggal 2 Juni 2017. Game ini bakal menjadi Tekken pertama yang dirilis di PlayStation 4, Xbox One dan PC sekaligus.
Tekken 7 menggunakan gameplay yang berbeda dari Tekken 6 atau Tekken Tag Tournament 2. Jadi kamu tidak akan menemukan lagi format, starter/launcher, combo, Bound (B!), dan ender/wall carry. Sebagai gantinya Katsuhiro Harada mengganti bound dengan serangan yang memiliki properti Screw (S!) atau Kirimomi dalam bahasa Jepang.
Saat terkena Screw, musuh akan melayang menjauhi karakter kalian, sehingga mau tidak mau kalian harus melakukan mini dash atau menggunakan gerakan yang memiliki properti dash untuk mengejar musuh yang melayang.
Karena adanya perbedaan ini, beberapa gerakan yang semula memberikan properti Bound (B!) akan berganti properti menjadi ground splat. Sebenarnya Bound masih tetap ada di Tekken 7 tetapi serangan ini hanya menjadi launcher atau starter.
Berbeda dengan Bound yang memiliki properti sama dengan low parry (d/f ketika musuh menyerang bawah), Screw masih bisa dilakukan walaupun musuh terkena low parry.
Tekken 7 bakal mengusung elemen okizeme (wake-up game) yang mirip dengan Tekken Revolution. Itu artinya kamu bisa melakukan quick roll dan crawl back untuk bangkit dengan cepat.
Tekken 7 memiliki pengurangan damage untuk setiap combo yang didaratkan (damage scaling) sangat tinggi, sehingga menghilangkan efektifitas combo–combo yang panjang.
Elemen Gameplay
Trades
Tekken 7 memiliki sistem trades yang sangat unik. Saat dua karakter menyerang bersamaan (trades), maka karakter kalian akan mengalami slow motion. Serangan yang mendarat akan memiliki status CH (counter hit).
Power Crushers
Power Crushers adalah sebuah serangan yang memiliki properti seperti Focus Attack di Street Fighter IV. Itu artinya Power Crushers bakal menyerap damage yang dihasilkan serangan high maupun mid sambil tetap meneruskan animasi serangan Power Crushers.
Sebagai gantinya Power Crusher lemah terhadap serangan low ataupun bantingan (throw).
Rage Arts
Rage Arts adalah sebuah serangan dengan animasi lengkap layaknya gerakan Super atau Ultra di Street Fighter. Pemain harus memasuki zona Rage (sekarat) terlebih dahulu untuk mengakses Rage Arts.
Rage Arts memiliki properti yang berbeda-beda tergantung karakternya. Sebagai contoh, Paul Phoneix bisa menggunakan Rage Arts sebagai sebuah combo extender setelah Screw. Kazuya bisa berubah menjadi Devil Kazuya dengan menghabiskan Rage Arts miliknya.
Rage masih memberikan damage tambahan walaupun tidak sebesar Rage di Tekken 6 atau Tekken Tag Tournament 2.
Rage Drive
Rage Drive adalah salah satu feature baru di Tekken 7. Pada intinya Rage Drive adalah serangan tambahan yang bisa dikeluarkan saat kamu memasukkan notasi tambahan pada sebuah gerakan. Rage Drive ini bisa diakses saat karakter kalian dalam kondisi Rage.
Rage Drive cendrung safe dan bisa digunakan sebagai combo extender. Bila Rage Arts diadu dengan Rage Drive, maka keduanya akan saling membatalkan.
https://www.youtube.com/watch?v=SoSXeuHgZSs
Throws
Semua bantingan regular (1+3/2+4 atau LP+LK/RP+RK) bakal bisa dilepaskan dengan cara menekan LP/1 atau RP/2. Untungnya command throws masih membutuhkan command khusus untuk melepaskannya.
Tekken 7 bakal menjadi Tekken pertama yang singgah di PC. Steam bahkan sudah mengeluarkan spesifikasi yang dibutuhkan untuk memainkan game tersebut.
Nampaknya Namco Bandai semakin mengejar Capcom untuk urusan penetrasi game Esports hingga ke PC. Yang jadi pertanyaan sekarang adalah, Harada terkenal malas dalam memberikan update di seri Tekken. Lalu apa gunanya season pass di Tekken 7 ya? Apa hanya untuk Eliza dan beberapa konten tambahan lainnya? Kalau iya, berarti Namco Bandai masih jauh tertinggal dibanding Capcom untuk urusan kontinuitas dan update konten.
Semoga apa yang saya takutkan tidak terjadi dan Harada memberikan update berkala bagi Tekken 7 dan Tekken X Street Fighter dirilis tahun depan.