Fighting GamesLainnya

Mengenal Konsep Neutral, Advantage, dan Disadvantage di Game Fighting

Dalam game fighting, ada tiga kondisi yang bisa dialami oleh pemain: neutral, advantage, dan disadvantage. Kondisi ini menunjukkan seberapa besar peluang atau risiko yang dimiliki oleh pemain untuk melakukan serangan atau bertahan dari serangan lawan.

Neutral adalah kondisi di mana kedua pemain tidak memiliki keunggulan atau kerugian yang jelas. Ini adalah kondisi awal dari setiap ronde, di mana kedua pemain memiliki pilihan dan kesempatan yang sama untuk memulai serangan atau bertahan. Tujuan dari neutral adalah untuk menciptakan keunggulan atas lawan.

Advantage adalah kondisi di mana satu pemain memiliki keunggulan atas pemain lainnya. Kondisi ini bisa dicapai melalui serangan yang berhasil, blok yang tepat waktu, atau umpan yang cerdik. Memiliki keunggulan bisa memberikan pemain kesempatan untuk memulai kombo, membobol pertahanan lawan, atau bahkan mengamankan kemenangan ronde.

Disadvantage adalah kondisi di mana satu pemain memiliki kerugian atas pemain lainnya. Kondisi ini bisa terjadi setelah serangan yang berhasil oleh lawan, serangan yang diblok, atau kesempatan yang terlewatkan. Berada dalam kondisi disadvantage bisa membatasi pilihan pemain dan membuatnya lebih sulit untuk bertahan atau melakukan serangan balik.

Memahami konsep neutral, advantage, dan disadvantage adalah penting untuk menjadi pemain yang lebih baik. Mengetahui kapan kita berada dalam kondisi neutral, advantage, atau disadvantage bisa membantu kita membuat keputusan yang lebih baik dan meningkatkan kualitas permainan kita.

Berikut adalah beberapa contoh dan strategi yang bisa kita gunakan untuk menguasai neutral, advantage, dan disadvantage:

  • Neutral: Dalam kondisi neutral, kita harus memperhatikan jarak antara kita dan lawan, serta gerakan dan pola mereka. Kita harus mencoba untuk bergerak dengan tujuan untuk masuk ke jarak yang menguntungkan kita atau membuat lawan melesetkan serangannya. Kita juga harus menggunakan alat-alat seperti spacing, movement, space control, conditioning, dll untuk mengontrol ruang dan mengelabui lawan.
  • Advantage: Dalam kondisi advantage, kita harus memanfaatkan momentum yang kita miliki untuk menekan lawan dengan serangan-serangan yang sulit diantisipasi atau diblok. Kita juga harus memperhatikan frame data dan hit stun/block stun untuk mengetahui seberapa besar keunggulan kita dan apa saja pilihan yang bisa kita lakukan. Kita juga harus siap untuk bereaksi terhadap upaya lawan untuk keluar dari tekanan kita dengan menggunakan throw techs, reversals, dll.
  • Disadvantage: Dalam kondisi disadvantage, kita harus berusaha untuk keluar dari tekanan lawan dengan cara yang aman dan cerdas. Kita harus memperhatikan frame data dan hit stun/block stun untuk mengetahui seberapa besar kerugian kita dan apa saja pilihan yang bisa kita lakukan. Kita juga harus siap untuk menghindari atau membalas serangan-serangan yang tidak aman dari lawan dengan menggunakan punishes, escapes, dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *