Panduan Dota 2: Arti dan Tips Attack Animation
Semua unit di Dota 2, baik hero, creep, atau bangunan punya sesuatu yang disebut attack animation. Istilah ini mengacu pada waktu yang diperlukan unit tersebut untuk melakukan dan menyelesaikan sebuah serangan.
Attack animiation terdiri dari dua komponen, yaitu attack point dan backswing. Lalu untuk hero jarak jauh ada projectile speed atau kecepatan proyektil serangannya. Tiap unit punya attack point, backswing, dan projectile speed yang berbeda. Artinya waktu yang mereka butuhkan untuk melakukan satu serangan juga beda.
Attack animation ini akan mempengaruhi caramu melakukan last hit terutama di early game saat kamu belum punya attack speed yang tinggi. Mengenal attack animation hero yang kamu gunakan akan memudahkanmu menentukan timing untuk last hit.
Attack Point
Attack point adalah animasi awal seranganmu dan waktu yang kamu perlukan sebelum seranganmu benar-benar keluar. Secara visual, ini adalah animasi ketika hero kamu mengayunkan senjata atau tangannya.
Ketika melakukan attack point, kamu tidak bisa melakukan tindakan lain seperti bergerak atau menggunakan spell. Jika kamu menghentikannya secara paksa (misalnya dengan S-cancel) sebelum animasi attack point selesai, seranganmu tidak akan keluar.
Attack point adalah salah satu faktor utama yang menentukan seberapa mudah kamu bisa melakukan last hit. Hero dengan attack point yang kecil atau singkat cenderung bisa mendapatkan last hit dengan mudah, terutama melee atau jarak dekat. Begitu mengeluarkan perintah, seranganmu akan mendarat hampir saat itu juga.
Dengan mekanik yang sama, hero dengan attack point yang singkat juga lebih unggul ketika mengejar hero yang kabur. Selama berada dalam jarak serang sesaat saja, hero dengan attack point singkat bisa mendaratkan serangan sebelum kehilangan vision lawan.
Projectile Speed
Projectile Speed hanya dimiliki oleh hero jarak jauh. Setelah attack point, hero jarak jauh akan menembakkan proyektil serangan mereka. Proyektil ini punya kecepatan sendiri dan perlu waktu sebelum benar-benar mendarat ke targetnya.
Hero jarak jauh dengan projectile speed yang besar/cepat jelas perlu waktu yang lebih singkat untuk mendaratkan serangan. Ditambah dengan attack point, melakukan last hit dengan hero jarak jauh punya perhitungan yang lebih rumit. Karena selain memperhitungkan attack point, kamu harus memperhitungkan berapa lama sampai seranganmu benar-benar mendarat ke target.
Untungnya ada satu cara untuk mengakali projectile speed ini. Ketika ingin melakukan last hit, bergerak mendekat ke creep yang menjadi target. Dengan begitu serangan kamu tidak perlu waktu terlalu lama untuk sampai ke lawan karena jaraknya cukup dekat.
Backswing
Backswing adalah animasi setelah kamu mengeluarkan seranganmu. Backswing ini tidak punya fungsi apa-apa selain untuk estetik. Malah, sebenarnya backswing ini adalah animasi yang mengganggu.
Backswing membuat kamu harus menunggu beberapa saat setelah menyerang sebelum bisa memasukkan perintah berikutnya. Semakin besar backswing hero, semakin lama juga waktu yang ia perlukan untuk memulai serangan berikutnya.
Kamu bisa membatalkan backswing ini dengan bergerak tepat setelah seranganmu keluar. Ini tidak akan mempengaruhi jumlah serangan yang bisa kamu keluarkan. Namun paling tidak dengan membatalkan backswing kamu bisa melakukan hal lain seperti bergerak atau menggunakan spell.
Membatalkan backswing akan menjadi krusial ketika kamu mengejar hero lawan.
Jika tidak membatalkan backswing saat mengejar, kamu harus menunggu sampai backswing tersebut selesai. Setelah itu baru hero kamu bergerak ke hero lawan yang sedang kabur. Jika saat itu hero lawan yang kamu kejar keluar dari jarak serang atau vision, maka kamu harus bergerak dan mengejarnya terlebih dahulu.
Jika kamu membatalkan backswing setelah seranganmu keluar, kamu punya waktu untuk bergerak untuk mengambil posisi atau mengejar hero. Dengan begitu kamu bisa memasukkan lebih banyak serangan.
Backswing Cancel Tidak Mempengaruhi Kecepatan Serangan
Attack Speed adalah elemen yang terpisah dari attack animation. Attack speed adalah waktu yang kamu perlukan untuk menyelesaikan satu siklus serangan. Sementara attack animation adalah delay antara ketika perintah menyerang dikeluarkan sebelum/setelah serangan tersebut keluar.
Anggaplah satu hero punya attack speed yang membuatnya perlu satu detik untuk menyelesaikan satu serangan. Hero ini punya attack poin 0,5 detik dan backswing 0,3 detik. Itu berarti hero tersebut punya 0,2 detik idle alias tidak melakukan apa-apa. Bahkan jika kamu membatalkan backswing, hero tersebut tetap akan idle selama 0,5 detik.
Dengan kata lain, backswing cancel tidak akan meningkatkan kecepatan serang atau jumlah serangan yang bisa kamu keluarkan. Namun paling tidak kamu akan punya waktu lebih untuk melakukan hal lain.
Baca juga panduan Dota 2 lainnya: