Diadakan Sepenuhnya Online, Jumlah Penonton Esports Justru Melonjak
Sudah sejak bulan Maret, pandemi COVID-19 sudah melumpuhkan berbagai macam hal di seluruh dunia. Banyak industri hiburan dan pariwisata yang pendapatannya anjlok pasca diumumkannya pandemi ini. Namun di sisi lain ada juga industri yang meskipun kesulitan tetap bisa bertahan di saat semua orang dianjurkan tidak keluar rumah. Salah satu industri tersebut ialah esports.
Di saat industri hiburan lain harus mempertemukan orang-orang, esports kembali ke formula lama mereka, yaitu event dan turnamen yang sepenuhnya diadakan online. Tapi di luar dari tidak adanya panggung megah, penonton tetap bisa menyaksikan pertandingan esports seperti yang sering mereka lakukan dulu.
Hal ini tentu jadi berkah tersendiri bagi penikmat esports yang memiliki kesibukan di hari biasa namun dapat menonton pertandingan akibat WFH. Karena banyaknya orang yang harus tinggal di rumah dan mengandalkan internet sebagai hiburan, jumlah penonton langsung pertandingan esports melonjak secara signifikan.
Kita ambil sampel dua game MOBA terbesar di dunia saat ini yaitu Dota 2 dan League of Legends. Kedua game ini secara konsisten mengadakan turnamen. Meskipun tidak dapat dilakukan secara offline, turnamen tetap dilaksanakan dan diubah formatnya menjadi online.
Dota 2 yang baru saja menyelesaikan pertandingan Virtus.Pro melawan OG pada ESL One Los Angeles 2020 Online: Eropa – CIS mendapatkan penonton langsung menembus 500.000 penonton. Rekor ini membuat pertandingan tersebut menjadi pertandingan dengan jumlah penonton terbanyak sepanjang musim 2019-2020 berjalan.
Sementara untuk League of Legends, jumlah penonton online juga ikut melonjak seiring diubahnya format pertandingan setiap region menjadi online. Sebagai contoh, final LEC Spring Split 2020 mempunyai jumlah penonton terbesar sepanjang sejarah region Eropa yaitu lebih dari 813.000 penonton serentak. Angka tersebut hanya kalah dari jumlah penonton final LEC Summer Split 2019 yang menyentuh angka 820.000 penonton serentak.
Di Indonesia sendiri jumlah penonton esports melonjak secara signifikan. Hal ini terbukti dari jumlah penonton Grand Final MPL ID Season 5 yang naik menjadi 1,1 juta penonton. Angka itu tentunya menjadi rekor tertinggi sepanjang pergelaran MPL di Indonesia. Diadakannya turnamen ini secara online tidak menjadi pembatas bagi penggemar untuk mendukung tim favorit mereka menjadi juara.