Apakah Kill Secure (KS) dalam Dota 2 Hal yang Buruk?
Bagi kamu yang bermain game bergenre MOBA, khususnya Dota 2, istilah KS, atau kill secure (beberapa dari kamu mungkin menyebutnya dengan kill steal), pasti sudah tidak asing lagi di telingamu.
KS adalah kejadian di mana lawanmu dibunuh, entah sengaja atau tidak, oleh pemain selain carry atau core di dalam teamfight. Sebenarnya maksud dari KS ini baik, yaitu mengamankan kill. Namun, masih ada segelintir orang yang masih beranggapan kalau KS adalah hal yang tidak seharusnya dilakukan karena merugikan carry. Hmm, betulkah?
Mengetahui hal tersebut, mari kita menganalisis dampak dari KS, dan berapa kerugian, atau malah ternyata keuntungan, yang didapat oleh sebuah tim. Di akhir artikel ini, kamu bisa menarik kesimpulan sendiri apakah KS merupakan hal yang buruk atau malah wajar dilakukan.
Menghitung Gold yang Didapatkan dari Kill serta Assist
Ketika membunuh seorang hero di Dota 2, kamu akan mendapat reliable gold. Jumlah gold yang didapatkan bisa kamu hitung menggunakan rumus yang cukup sederhana.
110 + streak lawan + (level lawan x 8)
Nilai streak di sini dihitung dengan kelipatan 60 gold, terhitung mulai dari Killing Spree, kemudian Dominating yang memberimu 120 gold, Mega Kill 180 gold, dan seterusnya hingga Beyond Godlike yang memberikan 480 gold.
Jadi misalnya, kamu membunuh seorang Phantom Assassin level 16 dengan Monster Kill streak, kamu akan memperoleh 110 + 360 + (16 x 8) gold atau sama dengan 598 gold. Wow, banyak juga ya? Lalu bagaimana dengan assist? Apakah mendapatkan jumlah yang mendekati? Mari kita bahas.
Baca juga: Memahami Perbedaan Antara Reliable Gold dan Unreliable Gold
Tidak seperti rumus kill, menghitung jumlah gold yang diperoleh dari assist cukup rumit. Perhitungan ini mengikutsertakan jumlah hero yang memberikan assist, level lawan, hingga net worth kedua tim. Jika dirasa terlalu rumit, kamu bisa langsung menuju ke skenario perhitungan assist di bagian bawah rumus.
- Satu hero: [140 + (5 x level lawan) + (0,0375 x net worth hero lawan x faktor net worth) + (100 x defisit net worth tim / 4000)] x [1,2 – (0,1 x (peringkat net worth lawan – 1)] x [faktor peringkat net worth]
- Dua hero: [70 + (4 x level lawan) + (0,0375 x net worth hero lawan x faktor net worth) + (75 x defisit net worth tim / 4000)] x [1,2 – (0,1 x (peringkat net worth lawan – 1)] x [faktor peringkat net worth]
- Tiga hero: [35 + (3 x level lawan) + (0,0375 x net worth hero lawan x faktor net worth) + (50 x defisit net worth tim / 4000)] x [1,2 – (0,1 x (peringkat net worth lawan – 1)] x [faktor peringkat net worth]
- Empat hero: [25 + (2 x level lawan) + (0,03 x net worth hero lawan x faktor net worth) + (35 x defisit net worth tim / 4000)] x [1,2 – (0,1 x (peringkat net worth lawan – 1)] x [faktor peringkat net worth]
- Lima hero: [20 + (1 x level lawan) + (0,0225 x net worth hero lawan x faktor net worth) + (25 x defisit net worth tim / 4000)] x [1,2 – (0,1 x (peringkat net worth lawan – 1)] x [faktor peringkat net worth]
Rumus Sederhana
Kalau kamu merasa rumus di atas terlalu rumit, kamu bisa melihat formula berikut. Namun satu hal yang perlu diingat, karena rumus ini disederhanakan, tentu perhitungannya tidak 100 persen akurat:
- Satu hero: 126 + (4,5 × level lawan) + (0,03375 × net worth lawan) + (90 × (defisit net worth tim / 4000))
- Dua hero: 63 + (3,6 × level lawan) + (0,03375 × net worth lawan) + (67,5 × (defisit net worth tim / 4000))
- Tiga hero: 31,5 + (2,7 × level lawan) + (0,03375 × net worth lawan) + (45 × (defisit net worth tim / 4000))
- Empat hero: 22,5 + (1,8 × level lawan) + (0,027 × net worth lawan) + (31,5 × (defisit net worth tim / 4000))
- Lima hero: 18 + (0,9 × level lawan) + (0,02025 × net worth lawan) + (22,5 × (defisit net worth tim / 4000))
Berikut adalah pengertian beberapa istilah dalam rumus di atas.
- Faktor net worth didefinisikan sebagai (net worth tim musuh / net worth tim kamu) – 1, di mana memiliki nilai minimum 0 dan maksimum 1 (tidak bisa minus).
- Peringkat net worth adalah posisi net worth lawan di dalam permainan ketika ia mati, nilainya dari 1 sampai 10.
- Faktor peringkat net worth tergantung pada peringkat net worth kawanmu yang terlibat dalam assist. Untuk 1/2/3/4/5 hero, pembagian faktornya dari yang paling kaya hingga paling miskin adalah 1 / 0,75; 1,25 / 0,75; 1; 1,25 / 0,75; 0,75; 1; 1,25 / 0,75; 0,75; 1; 1,25; 1,25 untuk masing-masing hero.
- Hasil dari (defisit net worth tim / 4000) memiliki nilai minimum 0 dan maksimum 1.
- Defisit net worth tim: (net worth tim lawan – net worth tim kamu).
Supaya lebih mudah dimengerti, mari kita analisis beberapa skenario.
Skenario 1, Tim Kamu Jauh Lebih Unggul
Sebelumnya, mari kita membuat sebuah kondisi:
- Net worth tim kamu: 60000
- Net worth tim lawan: 50000
- Level lawan: 15
- Net worth lawan: 12000 (peringkat 4)
- Faktor net worth: (50000/60000) – 1 = -0,16 ≈ 0
- Defisit net worth tim: tidak ada, karena net worth kamu tidak defisit
- Pemberi assist diasumsikan merupakan hero yang paling miskin di tim, sehingga memiliki faktor peringkat net worth yang tinggi, yaitu 1 atau 1,25
Berarti, jika kita masukkan ke rumus masing-masing hero:
- Satu hero: [140 + (5 x 15) + (0,0375 x 12000 x 0) + (100 x 0 / 4000)] x [1,2 – (0,1 x (4 – 1)] x [1] = [215] x [0,9] x [1] = 193,5 gold.
- Dua hero: [70 + (4 x 15) + (0,0375 x 12000 x 0) + (75 x 0 / 4000)] x [1,2 – (0,1 x (4 – 1)] x [1,25] = [130] x [0,9] x [1,25] = 146,25 gold per hero.
- Tiga hero: [35 + (3 x 15) + (0,0375 x 12000 x 0) + (50 x 0 / 4000)] x [1,2 – (0,1 x (4 – 1)] x [1,25] = [80] x [0.9] x [1,25] = 90 gold per hero.
- Empat hero: [25 + (2 x 15) + (0,03 x 12000 x 0) + (35 x 0 / 4000)] x [1,2 – (0,1 x (4 – 1)] x [1,25] = [55] x [0.9] x [1,25] = 61,8 gold per hero.
Sedangkan yang mendapatkan kill akan memperoleh:
110 + 0 + (15 x 8) = 230 gold.
Skenario 2, Tim Kamu Tertinggal
- Net worth tim kamu: 40000
- Net worth tim lawan: 50000
- Level lawan: 18
- Streak lawan: Monster Kill
- Net worth lawan: 12000 (peringkat 1)
- Faktor net worth: (50000/40000) – 1 = 0,25
- Defisit net worth tim: 10000 (ketika dibagi dengan 4000, hasilnya bukan 2,5 melainkan 1 yang merupakan nilai maksimum)
- Assist merupakan hero yang paling miskin di tim, sehingga memiliki faktor peringkat net worth yang tinggi, yaitu 1 atau 1,25
Berarti, jika kita masukkan ke rumus masing-masing hero:
- Satu hero: [140 + (5 x 18) + (0,0375 x 12000 x 0,25) + (100 x 10000 / 4000)] x [1,2 – (0,1 x (1 – 1)] x [1] = [442,5] x [1,2] x [1] = 531 gold.
- Dua hero: [70 + (4 x 18) + (0,0375 x 12000 x 0,25) + (75 x 10000 / 4000)] x [1,2 – (0,1 x (1 – 1)] x [1,25] = [329,5] x [1,2] x [1,25] = 494,25 gold per hero.
- Tiga hero: [35 + (3 x 18) + (0,0375 x 12000 x 0,25) + (50 x 10000 / 4000)] x [1,2 – (0,1 x (1 – 1)] x [1,25] = [251,5] x [1,2] x [1,25] = 377,25 gold per hero.
- Empat hero: [25 + (2 x 18) + (0,03 x 12000 x 0,25) + (35 x 10000 / 4000)] x [1,2 – (0,1 x (1 – 1)] x [1,25] = [186] x [1,2] x [1,25] = 279 gold per hero.
Sedangkan yang mendapatkan kill akan memperoleh:
110 + 360 + (18 x 8) = 614 gold.
Kesimpulan
Ternyata, hanya menjadi assist dalam sebuah gank dua orang atau sebuah skirmish di lane bukanlah hal yang buruk. Baik dalam keadaan unggul maupun tertinggal, gold yang diterima oleh seorang pemberi assist tidaklah jauh berbeda dari yang didapatkan oleh hero yang mendaptakan kill atau last hit.
Hal serupa juga berlaku di gank atau teamfight yang melibatkan seluruh anggota tim. Meskipun setiap assist mendapatkan lebih sedikit gold, namun dalam gambaran yang lebih besar, tim kamu meraih lebih banyak gold dan akan jauh mengungguli tim lawan.
Jadi, ketika kamu mendapati rekan satu timmu melakukan KS, entah kamu ingin menerjemahkannya sebagai kill secure atau kill steal, jangan pernah merasa salty atau malah menyalahkan rekanmu itu. Bagaimanapun juga, kill adalah kill, dan hal itu menguntungkan terhadap perjalanan timmu menuju kemenangan.