Berita

Mengapa Developer Enggan Mengembangkan Game untuk Xbox Series X|S?

Fenomena menarik sedang terjadi di industri game saat ini, di mana beberapa developer menolak untuk mengembangkan game mereka di platform Xbox Series, terutama untuk game-game AAA.

Microsoft pun mulai bertanya-tanya apa yang membuat para pengembang ini lebih memilih platform lain dibandingkan Xbox, terutama ketika console tersebut sudah dirancang untuk menghadirkan fitur-fitur next-gen yang mumpuni.

Namun, ada beberapa kendala yang tampaknya membuat para developer berpikir dua kali untuk melangkah ke ekosistem Xbox Series.

Keberadaan Dua Versi Berbeda

xbox series

Salah satu alasan utama yang diungkapkan oleh para developer adalah adanya dua versi Xbox Series, yakni Xbox Series X dan Xbox Series S. Meski di atas kertas, Xbox Series X menawarkan performa luar biasa dengan grafis yang sangat memukau, namun Xbox Series S justru malah menjadi penghambat. Xbox Series S, yang dirancang sebagai versi lebih terjangkau, memiliki spesifikasi yang jauh lebih rendah dibandingkan Series X.

Bagi banyak pengembang game, perbedaan performa ini menjadi tantangan besar. Mereka harus menyesuaikan game yang dirancang untuk Xbox Series X agar tetap bisa berjalan di Xbox Series S tanpa mengorbankan kualitas grafis maupun performa.

Beberapa game AAA seperti Black Myth: Wukong dan Enotria: The Last Song bahkan tidak direncanakan untuk dirilis di Xbox Series karena keterbatasan yang ditawarkan Series S. Game dengan grafis intensif seperti ini membutuhkan sumber daya yang tidak bisa dipenuhi oleh Series S.

Penurunan Performa Game di Xbox Series S

Xbox Series S juga memiliki masalah tersendiri bagi para pengembang yang ingin menghadirkan game next-gen. Performa yang lebih rendah membuat pengembang kesulitan dalam menghadirkan fitur-fitur baru, seperti grafis beresolusi tinggi atau efek visual yang memukau, yang seharusnya menjadi standar untuk game modern.

Contoh konkret adalah game Baldur’s Gate 3. Guna memastikan game ini bisa dirilis di Xbox Series S, pengembang terpaksa menghapus fitur split-screen co-op.

Xbox Research Program

xbox series

Menyadari masalah yang dihadapi oleh para developer, Microsoft meluncurkan inisiatif bernama Xbox Research Program. Program ini bertujuan untuk mengumpulkan feedback langsung dari para developer dan publisher mengenai kesulitan yang mereka hadapi ketika mengembangkan game untuk Xbox Series, terutama Xbox Series S.

Melalui program ini, Microsoft berharap dapat menemukan solusi yang tepat, baik dari sisi perangkat keras maupun perangkat lunak. Mereka juga ingin memahami lebih dalam apa saja yang perlu diperbaiki agar Xbox Series dapat menjadi platform pilihan para pengembang. Salah satu langkah yang diambil adalah dengan memperbarui tool yang disediakan bagi para pengembang, sehingga mereka bisa lebih mudah menyesuaikan gamenya dengan limitasi Xbox Series S.

Selain itu, dialog langsung dengan para pengembang game melalui Xbox Research Program juga diharapkan bisa membantu Microsoft menemukan jalan keluar yang lebih tepat. Pengumpulan feedback ini menjadi kunci utama bagi Microsoft untuk memahami apa yang benar-benar dibutuhkan oleh para developer agar mereka bisa terus menghadirkan game berkualitas tinggi di platform Xbox Series.