Inilah Alasan Kenapa Naughty Dog Dijual ke Sony!
Ketika membahas Naughty Dog, sulit untuk tidak mengapresiasi perjalanan mereka dalam menciptakan beberapa judul game paling ikonik di industri. Dari Crash Bandicoot yang menghidupkan era konsol PlayStation pertama hingga The Last of Us yang mendefinisikan standar storytelling di industri game, Naughty Dog telah membuktikan diri sebagai salah satu developer unggulan Sony.
Namun, apa sebenarnya alasan di balik keputusan mereka untuk bergabung dengan Sony pada 2001?
Masalah Biaya yang Meningkat
Pada era 1980-an, biaya pengembangan game relatif kecil. Dengan anggaran di bawah US$50 ribu, studio kecil dapat mandiri dan tetap menghasilkan game berkualitas. Namun, semuanya berubah ketika memasuki dekade 1990-an. Biaya pengembangan melonjak drastis seiring dengan peningkatan teknologi, grafis, dan ekspektasi konsumen.
Andre Gavin, salah satu co-founder Naughty Dog, mengungkapkan fakta menarik seputar keputusan ini. Dalam wawancaranya, ia menjelaskan bahwa pengembangan Crash Bandicoot pada 1994 membutuhkan dana sekitar US$1,6 juta, yang mana angka tersebut cukup besar di zamannya. Namun, memasuki 1999, anggaran untuk Jak and Daxter melonjak hingga US$15 juta.
Keputusan Naughty Dog untuk dijual ke Sony bukanlah langkah yang mudah, tetapi sudah dipertimbangan secara matang. Seiring meningkatnya biaya pengembangan, bergabung dengan Sony memungkinkan Naughty Dog mendapatkan dukungan finansial yang konsisten, serta memberi akses ke teknologi terbaru dan tim ahli.
Keputusan ini terbukti sangat tepat. Setelah akuisisi, Naughty Dog tetap mampu mempertahankan reputasi mereka sebagai pembuat game kelas dunia dengan rilisan Uncharted dan The Last of Us.
Selain itu, dukungan yang diberikan memungkinkan Naughty Dog untuk menciptakan produk berkualitas tanpa harus terjebak dalam dilema finansial yang sering dihadapi studio independen. Karena seperti yang kita ketahui, terkadang developer merilis suatu game secara terburu-buru karena kondisi finansial yang kurang baik, sehingga gamenya pun keluar dalam keadaan “setengah matang”.
Sony dan Naughty Dog adalah contoh sempurna bagaimana kolaborasi yang sudah dipikirkan secara matang dapat melahirkan karya-karya yang mengubah lanskap industri game. Dengan kombinasi kreativitas Naughty Dog dan dukungan Sony, masa depan industri game tampaknya akan terus diwarnai dengan hal-hal menarik.
Sumber: Polygon