Terhitung Hanya Ada 15% Pengguna Steam yang Mainkan Game Rilisan 2024
Platform Steam terus menjadi rumah bagi ribuan game dari berbagai genre, tetapi data terbaru menunjukkan bahwa hanya 15 persen pengguna Steam yang menghabiskan waktu bermain untuk game yang rilis di tahun 2024.
Walaupun angka ini terlihat kecil, tren ini memperlihatkan peningkatan sebesar 6 persen dibandingkan tahun 2023, yang hanya mencatatkan 9 persen.
Statistik Waktu Bermain
Dalam ekosistem Steam yang diisi lebih dari 200.000 judul game, pemain cenderung mengalokasikan waktu mereka untuk game yang sudah akrab. Berdasarkan data, distribusi waktu bermain pengguna Steam adalah sebagai berikut:
- 47 persen waktu bermain dihabiskan untuk game rilis 1–7 tahun lalu.
- 37 persen waktu bermain didedikasikan untuk game rilis lebih dari 8 tahun lalu.
- Hanya 15 persen waktu bermain yang digunakan untuk game baru tahun 2024.
Mengapa game lama begitu mendominasi? Jawabannya terletak pada komunitas serta daya tarik nostalgia yang sulit disaingi oleh kebanyakan game baru.
Game Baru yang Mendominasi Statistik
Meskipun persentase pemain yang mencoba game baru masih relatif kecil, beberapa judul populer berhasil menarik perhatian, seperti:
- Palworld.
- Helldivers 2.
- Delta Force.
- Black Myth Wukong.
- Banana.
Judul-judul ini mencatatkan basis pemain yang cukup signifikan, sehingga membantu meningkatkan angka adopsi game baru di Steam.
Game live service terus menjadi magnet besar di Steam. Judul-judul seperti Dota 2, Counter-Strike 2, PUBG, dan Apex Legends menyedot sebagian besar waktu bermain pengguna. Tahun 2024 juga menambah beberapa game live service baru yang mulai mendapatkan perhatian, seperti halnya Path oe Exile 2 dan Marvel Rivals.
Meski angka 15 persen terlihat kecil, tren ini menunjukkan peningkatan yang menjanjikan dibandingkan tahun sebelumnya. Dengan beberapa game baru seperti Palworld dan Black Myth Wukong yang berhasil menarik perhatian, peluang bagi game rilisan tahun 2024 untuk berkembang tetap terbuka.
Game live service masih menjadi penggerak utama di Steam, dan keberhasilan game baru sangat bergantung pada seberapa baik mereka dapat menarik perhatian para player. Mampukah game rilisan 2024 terus meningkatkan angkanyadi tahun-tahun mendatang? Kita pantau saja.
Sumber: Gamebrott