Developer Payday 3 Akui Kesalahan, Janjikan Perbaikan Besar di Masa Depan!
Peluncuran Payday 3 menjadi topik panas di kalangan gamer setelah dirilis dengan banyak masalah yang membuat hasil akhir gamenya terasa jauh dari harapan. Developer dari Starbreeze, terutama Almir Listo dan Andreas Penniger, mengakui bahwa peluncuran game ini penuh kendala, dan banyak pemain merasa gamenya belum siap.
Perilisan yang Berantakan
Kita semua sepakat bahwa peluncuran Payday 3 seharusnya menjadi momentum besar bagi Starbreeze. Namun, kenyataan berkata lain. Alih-alih menuai pujian, Payday 3 justru dipenuhi kritik tajam dari komunitas setianya. Bahkan, Almir Listo, salah satu sosok penting di balik game tersebut, secara terbuka meminta maaf atas kualitas rilis yang jauh dari sempurna.
Listo mengakui bahwa game ini memang belum siap untuk dilepas ke publik. Banyak masalah teknis yang mengganggu permainan, dari bug hingga server yang tidak stabil, sehingga membuat banyak pemain frustrasi. Tidak hanya masalah teknis, gameplay yang dijanjikan juga tidak mampu memenuhi ekspektasi para pemain yang sudah menunggu kemunculannya cukup lama.
Terlalu Percaya Diri Karena Kesuksesan Payday 2
Andreas Penniger, lead produser Payday 3, juga menambahkan bahwa salah satu penyebab utama dari masalah ini adalah kepercayaan diri yang berlebihan dari tim pengembang. Setelah kesuksesan besar yang diraih oleh Payday 2, mereka terlalu cepat dalam mengambil keputusan pengembangan Payday 3. Hasilnya, banyak aspek pada gamenya terasa seperti setengah jadi, terutama jika dibandingkan dengan standar tinggi yang sudah ditetapkan oleh Payday 2.
Dibandingkan dengan Cyberpunk 2077
Menariknya, banyak pengamat game membandingkan situasi peluncuran Payday 3 dengan kasus Cyberpunk 2077 dari CD Projekt Red. Kedua game ini mengalami peluncuran yang kurang mulus dengan banyak masalah teknis. Namun, seperti yang terjadi dengan Cyberpunk, ada harapan dari pengembang Payday 3 bahwa mereka bisa memperbaiki game ini dan kembali mendapatkan kepercayaan para player.
Rencana Pembaruan Tahun Kedua (Year 2)
Meskipun peluncuran Payday 3 penuh masalah, selaku developer Starbreeze sudah merencanakan berbagai pembaruan besar di masa depan. Meskipun belum ada detail lengkap mengenai apa yang akan hadir di Year 2, mereka menyebutkan bahwa fokus utama mereka adalah memperbaiki core gameplay-nya. Mereka ingin menghadirkan mekanisme yang lebih menegangkan dan memberi kebebasan lebih kepada player dalam menjalankan aksi perampokan.
Payday 3 memang belum sepenuhnya berada di tempat yang diinginkan oleh para pemain, namun harapan untuk perbaikan selalu ada. Melalui kerja keras tim developer, Starbreeze berharap Payday 3 bisa memperbaiki kekurangan yang ada dan mengembalikan kepercayaan komunitas Payday yang selama ini selalu setia mendukung franchise tersebut.
Sumber: PCGamesN