Panduan Auto Chess: Membangun Formasi Dengan Combo Yang Efektif
Salah satu pertanyaan yang sering dilontarkan pemain baru di game Auto Chess adalah combo apa yang kuat dan bisa memenangkan pertandingan. Jujur saja, pertanyaan ini cukup sulit dijawab karena ada banyak hal yang harus dipertimbangkan selain “apa combo yang kuat”.
Tapi dalam artikel ini, kami akan memberikan gambaran bagaimana menyusun combo yang tidak hanya bersinergi, tapi juga membantumu memenangkan ronde-ronde penting, terutama di late game.
8 Is The Key Number
Idealnya, kamu ingin punya combo yang bisa mencapai titik yang cukup kuat dengan delapan unit saja. Alasan kenapa harus di delapan unit atau level delapan adalah sebagai berikut:
- Level 8 bisa dicapai dengan mudah oleh semua pemain dalam timing yang sama yaitu ronde 21. Ini jauh berbeda dari timing level 9 atau 10 yang tergantung pada formasi dan kondisi masing-masing pemain.
- Level 8 dan ronde 21 seterusnya dianggap sebagai fase late game. Dalam fase ini, permainan sebenarnya baru akan dimulai
Artinya sebelum kamu menginjak level 8, kamu harus sudah punya arah yang jelas combo apa yang ingin kamu bentuk. Tidak cuma itu, kamu sebaiknya sudah memiliki unit tersebut di board dan/atau bench, alias siap digunakan. Akan lebih bagus lagi jika unit tersebut sudah di-upgrade, terutama unit murah seperti 1 Gold atau 2 Gold.
Jika kamu sudah menginjak level 8 tapi tidak memiliki formasi dengan sinergi yang solid, kamu mungkin akan kalah. Lalu jika kamu perlu level yang lebih tinggi agar formasimu bisa optimal, kamu juga akan kesulitan begitu permainan memasuki late game. Pastikan formasimu bisa efektif dengan minimal delapan unit saja.
Baca juga: Apa Yang Harus Dilakukan di Tiap Fase Pertandingan Auto Chess
Tentukan Combo Utama
Pertanyaannya, combo apa yang oke? Unit seperti apa yang harus dikumpulkan agar bisa memiliki combo yang cukup kuat di level 8?
Umumnya, kamu ingin punya formasi yang berpusat pada combo unit ras atau class di bawah ini:
- Warriors
- Mages
- Hunters
- Assassins
- Knights
- Feathered
- Beast
Ras dan unit di atas bisa menciptakan combo maksimal sebanyak enam unit. Tapi jika sudah mengumpulkan misalnya enam Assassin sekalipun, kamu harus tetap mencari dua unit lagi begitu menginjak level delapan. Pertanyaannya, dengan apa kamu harus melengkapi sinergi utama di atas?
Pertama, kamu harus mengenali tipe combo utamamu, ofensif atau defensif? Setelah itu kamu tinggal menutupi sisi yang jadi kelemahan sinergimu. Artinya jika sinergi utamamu bersifat ofensif, kamu harus menutupinya dengan unit defensif, begitu juga sebaliknya.
Ayo ambil contoh yang sederhana. Misalnya kamu menggunakan sinergi enam Assassin yang sangat ofensif. Sayangnya meskipun sangat agresif dan bisa menghasilkan damage besar, unit Assassin punya HP yang kecil dan minim disable. Artinya Assassin memerlukan unit defensif yang bisa melindungi mereka atau mengalihkan perhatian unit lawan. Dengan begitu Assassin bisa menikam lawan dari belakang dengan aman.
Karena itulah, Assassin sering membawa dua Druid besar, yaitu Razorclaw dan Warpwood Sage. Keduanya juga bisa melengkapi sinergi ras lain. Razorclaw bisa mengisi combo dua Savage bersama dengan Lord of Sand, dan Warpwood Sage mengisi combo tiga Feathered bersama dengan Shadow Crawler dan Shining Assassin. Sebagai alternatif, kamu juga bisa mengisi garis depan dengan dua Goblin/Mech atau dua Warrior untuk nanti melakukan transisi ke level sembilan.
Sinergi lain juga mengikut prinsip yang sama. Knight misalnya, merupakan combo yang defensif. Agar bisa menghasilkan damage, Knight akan sangat terbantu dengan efek empat Glacier atau tiga Dragon.
Jika kamu menggunakan Frost Knight, berarti kamu menggunakan tujuh unit untuk melengkapi combo Knight plus Glacier. Untuk satu slot terakhir, kamu bisa mengisi dengan unit Egersis seperti Soul Reaper yang otomatis mengaktifkan combo Warlock bersama Desperate Doctor.
Kamu bisa mengganti combo utamamu, dan prinsipnya akan tetap sama. Mage perlu unit garis depan, begitu juga dengan Hunter. Sementara Warrior perlu bantuan untuk membunuh lawan.
Baca juga: Cara Mengelola Ekonomi dan Mendapatkan Banyak Gold Di Auto Chess
Perhatikan Pelengkap Yang Ideal
Tentu saja, unit pelengkap untuk masing-masing combo tidak selalu sama. Kamu harus mengenal karakteristik tiap unit dalam pasukanmu. Misalnya untuk Hunter, kamu harus mengenal ras masing-masing unit Hunter. Dengan begitu kamu bisa tahu unit apa yang cocok dimasukkan ke dalam formasi tersebut.
Tidak cuma tag seperti ras dan class, kamu juga mengenali rentang tier dan harga unit yang jadi combo utamamu. Ini sangat penting dalam menentukan komposisi formasimu dalam jangka panjang.
Sebagai contoh, Assassin punya unit yang relatif murah untuk bisa melengkapi combo enam Assassin. Artinya kamu bisa memainkan combo enam Assassin cukup awal, entah itu di level 8 atau bahkan level 7. Artinya kamu tidak perlu repot-repot mencari unit sementara sebelum kamu bisa memainkan enam Assassin. Memasuki late game, kamu bahkan bisa mengganti salah satu Assassin kamu dengan yang lebih baik.
Beda halnya dengan Hunter. Class ini punya beberapa unit yang cukup mahal. Kamu hampir tidak mungkin bisa melengkapi formasi ideal enam Hunter di level 8 kecuali cukup beruntung mendapatkan unit langka seperti Siren atau Tsunami Caller. Artinya sepanjang permainan kamu mungkin harus bermain dengan tiga Hunter terlebih dahulu. Sisanya kemudian diisi dengan unit lain seperti Warrior. Jika berhasil mendapatkan sisa Hunter yang dibutuhkan, barulah kamu melakukan transisi atau power spike. Jika ternyata gagal menemukan yang kamu cari, berarti kamu harus bisa beradaptasi dengan apa yang kamu dapatkan.