Kenapa Druid Menjadi Sangat Kuat di Metagame Hearthstone (dan Perlu Mendapat Nerf Segera)
Semenjak ekspansi Knights of The Frozen Throne, Druid menjadi semakin kuat di metagame Hearthstone. Semua tier list dan analisis metagame menyebutkan bahwa deck Druid yang paling kuat di metagame Hearthstone saat ini, melewati deck dan kelas yang lain.
Tidak bisa dipungkiri bahwa Druid mendapatkan banyak alat atau kartu yang sangat kuat, dan membuat seolah deck Druid manapun bisa berhasil di metagame saat ini. Dalam artikel ini, kami akan menjabarkan kartu apa saja yang membuat Druid sangat kuat saat ini, dan kenapa kami merasa kelas ini layak mendapatkan nerf.
Ultimate Infestation (Dikombinasikan dengan Mekanisme Ramp)
Salah satu kartu yang menjadi pusat pembicaraan adalah Ultimate Infestation. Dalam satu kartu, kamu bisa menghasilkan lima damage, mendapatkan armor, menarik lima kartu, serta mendapatkan minion 5/5 di atas board.
Dibandingkan dengan kombinasi kartu lain yang memiliki efek yang mirip, kartu ini jelas sangat kuat. Sebagai perbandingan, Sprint dengan mana cost tujuh memberikanmu empat kartu. Fireball dengan mana cost empat memberikan enam damage. Sementara Ultimate Infestation bisa memberikanmu dua hal tersebut ditambah dengan armor dan satu minion yang sulit ditangani.
Satu-satunya yang menjadi kekurangan kartu ini adalah mana cost 10 yang jelas sangat besar. Namun mencapai 10 mana dengan cepat bukanlah sesuatu yang sulit untuk Druid, dan itulah yang membuat kartu ini menjadi sedikit bermasalah.
Druid sekarang punya sangat banyak kartu ramp atau akselerasi mana di card pool mereka, dan kebanyakan deck menggunakan hampir seluruhnya. Jade Druid misalnya, menggunakan dua Wild Growth, Jade Blossom, Innervate, Mire Keeper, dan Nourish dalam deck mereka. Dengan mengisi sepertiga deck dengan kartu itu, Jade Druid tentu bisa melakukan ramp atau akselerasi mana secara konsisten di tiap pemainan. Dengan begitu mereka bisa menggunakan Ultimate Infestation lebih awal.
Ramp adalah mekanisme Druid yang sudah lama sejak awal. Namun sebelumnya melakukan ramp atau akselerasi mana punya risiko tersendiri yaitu kamu akan mengorbankan card advantage alias jumlah kartu di tangan. Jadi meskipun punya banyak mana, Druid mungkin tidak bisa menggunakan mana tersebut karena tidak memegang kartu late game yang tepat serta tidak punya banyak opsi yang bisa dimainkan saat itu.
Ultimate Infestation dengan mudah menghilangkan drawback tersebut. Druid bisa dengan santainya melakukan ramp tiga atau empat giliran berturut-turut dan memiliki total 10 mana di turn enam. Kemudian ia memainkan Ultimate Infestation dan mendapatkan semua efek gila yang diberikan.
Hanya dengan satu kartu itu Druid kemudian punya sesuatu di atas board, memiliki banyak kartu di tangan, dan yang paling penting, unggul jumlah mana dibanding lawannya. Dari posisi itu Druid tinggal memainkan kartu late game dan lawannya belum punya mana yang cukup untuk menangkal tersebut secara efisien.
Intinya, Ultimate Infestation adalah kartu yang kuat. Namun karena Druid bisa mengaksesnya dengan sangat cepat berkat mekanisme ramp, kartu ini menjadi terlalu kuat.
Spreading Plague dan Crypt Lord
Meskipun bukan masalah utama, dua kartu ini adalah alat bantu yang membuat Ultimate infestation menjadi auto-include di hampir semua deck Druid.
Kebanyakan Druid (kecuali aggro) sekarang menggunakan tiga atau empat giliran awalnya untuk melakukan ramp sehingga mereka bisa mengakses kartu late game dengan cepat. Karena tidak melakukan sesuatu yang proaktif di beberapa giliran awal, kamu tinggal memainkan deck agresif yang mengisi board dengan cepat seperti Zoo. Apalagi Druid sendiri dikenal tidak punya board clear yang bagus.
Sayangnya, sekarang Druid punya Spreading Plague. Semua upaya deck agresif mengisi board dengan cepat tiba-tiba menjadi senjata makan tuan. Rentatan minion dengan stats 1/5 dan Taunt bukanlah sesuatu yang mudah diatasi. Dengan satu kartu ini Druid deck agresif kemudian sibuk menabrak dinding Taunt di atas board selama dua giliran. Sementara itu Druid bisa dengan aman melakukan setup untuk mencapai win condition atau memainkan kartu kuat lain.
Argumen yang sama juga berlaku untuk Crypt Lord yang juga memiliki stats yang cukup solid untuk stalling dan bisa semakin merepotkan jika tidak ditangani segera.
Innervate Juga Merupakan Masalah Tersendiri
Salah satu yang membuat dua kartu di atas adalah kemampuan Druid melakukan ramp dan membuat Druid bisa menggunakan kartu tersebut lebih cepat dari semestinya. Nah, dari semua kartu ramp yang dimiliki oleh Druid, hanya Innervate yang digunakan di semua deck Druid. Beberapa pemain termasuk pemain seperti Reynad bahkan mengusulkan untuk memasukkan Innervate ke Hall of Fame segera.
Mendapatkan dua mana tambahan di satu giliran bisa memberikan tempo swing yang sangat signifikan. Seperti yang saya sebutkan di atas, dengan Innervate Druid bisa saja menggunakan Ultimate Infestation atau kartu late game lain dua giliran lebih awal. Pada deck agresif, Innervate plus Vicious Fledgeling membuat deck Aggro Druid menang mudah jika lawannya tidak bisa mengatasinya saat itu juga.
Satu hal yang membuat Innervate jauh lebih merepotkan adalah efeknya yang instan. Tidak seperti Wild Growth memberikanmu yang masi memberikanmu waktu untuk analisa dan antisipasi, Innervate memberikan mana saat itu juga, dan sama sekali tidak memberikanmu waktu untuk bereaksi.
Blizzard, Please Fix
Berkat kekuatannya, Druid sekarang menjadi pusat metagame. Jade Druid sendiri menurut saya terlalu kuat dan sangat sulit dikalahkan jika dimainkan dengan baik.
Apakah kondisi metagame ini akan berubah seiring waktu? Mungkin, namun saya ragu Druid akan keluar dari pusat metagame. Atas alasan itu, saya rasa sudah saatnya Blizzard mempertimbangkan untuk melakukan perubahan ke kartu Druid, dan melakukannya segera. Jika tidak, meta-game Hearthstone akan dipenuhi dengan deck Druid dan anti-Druid yang berharap bertemu dengan archetype Druid yang tepat.