Kamus dan Serba-Serbi Esports

Kamus Gaming: Mengenal Recovery Frame di Game Fighting

Recovery frame adalah salah satu istilah yang sering digunakan dalam game fighting. Istilah ini mengacu pada jumlah frame atau satuan waktu yang dibutuhkan untuk kembali ke posisi netral setelah melakukan serangan. Recovery frame menentukan seberapa aman atau berisiko sebuah serangan jika dihindari atau diblok oleh lawan.

Untuk memahami recovery frame, kita perlu mengetahui beberapa istilah lain yang berkaitan dengan frame data, yaitu startup frame dan active frame. Startup frame adalah jumlah frame yang dibutuhkan untuk memulai sebuah serangan. Active frame adalah jumlah frame dimana serangan bisa mengenai lawan. Recovery frame adalah jumlah frame setelah active frame berakhir.

Contoh: Sebuah jab di Street Fighter V biasanya memiliki startup frame sebesar 4, active frame sebesar 2, dan recovery frame sebesar 7. Susunan frame di atas menggambarkan urutan sebuah animasi serangan terjadi secara penuh.

Recovery frame penting untuk diperhatikan karena mempengaruhi kemungkinan untuk melakukan serangan lanjutan atau bertahan dari serangan balik lawan. Recovery frame biasanya berbeda tergantung apakah serangan mengenai lawan atau tidak. Recovery on hit adalah jumlah frame yang dibutuhkan untuk kembali ke posisi netral setelah serangan mengenai lawan. Recovery on block adalah jumlah frame yang dibutuhkan untuk kembali ke posisi netral setelah serangan diblok oleh lawan.

Recovery on hit biasanya lebih sedikit daripada recovery on block, karena serangan yang mengenai lawan akan membuat lawan terpental atau terjatuh, sehingga memberikan kesempatan untuk melakukan serangan lanjutan. Recovery on block biasanya lebih banyak daripada recovery on hit, karena serangan yang diblok oleh lawan akan membuat kita lebih rentan terhadap serangan balik.

Jika recovery on block kita lebih banyak daripada startup frame lawan, maka kita bisa dikatakan minus atau punishable, artinya kita bisa dipunish oleh lawan dengan serangan yang lebih cepat. Jika recovery on block kita sama atau kurang daripada startup frame lawan, maka kita bisa dikatakan plus atau safe, artinya kita tidak bisa dipunish oleh lawan dengan serangan apapun.

Recovery frame juga berpengaruh pada teknik yang disebut whiff punish, yaitu menyerang lawan yang serangannya meleset, saat mereka masih dalam recovery frame. Teknik ini membutuhkan timing dan jarak yang tepat agar bisa dilakukan dengan efektif.

Dengan mempelajari recovery frame dan frame data lainnya, kita bisa meningkatkan kemampuan bermain game fighting dengan lebih baik. Kita bisa mengetahui serangan mana yang aman dan berisiko, serta bagaimana cara mengantisipasi dan mengeksploitasi gerakan lawan.