Wild Rift

Perubahan dan Item Baru yang Hadir dalam Patch 4.1 Wild Rift

Perubahan pada patch 4.1 Wild Rift yang hadir pada Kamis (16/3) ini tidak hanya memberikan buff hingga rework kepada sejumlah champions dengan role tank. Namun, patch 4.1 yang dirilis minggu ini juga memberikan perubahan kepada sejumlah item, termasuk hadirnya tiga item baru.

Sebelumya, Wild Rift telah membeberkan sejumlah item-item yang bakal dirilis pada patch 4.1 kali ini, di antaranya Mantle of the Twelfth Hour, Amaranth Twinguard, serta Shimmering Spark. Namun, Wild Rift hanya membeberkan nama-nama dari item terbaru itu saja, tidak memberikan detail statistik dari tiga item baru tersebut.

Jangan khawatir, sebab Wild Rift membeberkan statistik pada ketiga item terbarunya tersebut melalui patch 4.1. Pertama-tama untuk item Mantle of the Twelfth Hour. Wild Rift menuturkan item baru ini mempunyai fungsi apabila pemain memiliki health bar yang rendah, setelah bertempur dengan musuh, atau mendapat serangan dadakan dari mereka. Dengan adanya Mantle of the Twelfth Hour, pemain tank bisa melakukan serangkaian pergerakan yang menguntungkan.

“Kami merasa ada sedikit ruang untuk menambahkan item tank agar membuatnya bisa sedikit lebih mudah bermanuver dan melarikan diri dari situasi sulit saat health rendah,” ujar Wild Rift.

Bakal ada efek menarik yang akan kalian dapatkan jika menggunakan item ini, khususnya untuk champions-champions tank. “Mantle of the Twelfth Hour memberikan banyak heal, movement speed, serta slow resistance saat health berkurang, memberi kesempatan bagi tank untuk melarikan diri atau mengincar satu kill lagi.”

Selanjutnya ada Amaranth Twinguard. Sekilas, item baru ini punya fungsi serupa dengan Rabadon’s Deathcap ataupun Infinity Edge. Artinya, ke depannya champions-champions tank akan diuntungkan dengan hadirnya Amaranth Twinguard ke dalam Wild Rift. Bahkan, item ini bakal memberikan kekuatan yang berlebih bagi pemain tank yang menggunakan item tersebut.

“Ini memungkinkan pemain melipatgandakan efektivitas saat bertarung selama bisa bertahan cukup lama hingga bisa mendapatkan keuntungan dari endurance,” tulis keterangan resmi.

Berikutnya yaitu Shimmering Spark. Item baru ini serupa dengan Sunfire Aegis, di mana musuh, minion, ataupun monster akan menerima efek bakar dari item tersebut. Item baru ini sangat cocok digunakan bagi kalian yang menggunakan champions tank dan bergerak pada area jungle. Uniknya, item baru itu juga bisa dikombinasikan dengan item-item yang serupa.

Berikut adalah detail statistik dari ketiga item baru Wild Rift.

Mantle of The Twelfth Hour

  • Harga sebesar 2900 gold.
  • Statistik armor 50, dan magic resistance 50.
  • Lifeline (pasif): menerima damage yang akan menurunkan health maksimum di bawah 35 persen akan memberi heal sebesar 200 + 50 persen health selama 3 detik. Item ini mendapatkan 50 persen slow, slow resistance, dan 30 movement speed selama 3 detik (cooldown 90 detik).

Amaranth Twinguard

  • Harga sebesar 3200 gold.
  • Statistik armor 55 dan magic resistance 55.
  • Endurance (pasif): saat bertempur dengan champions musuh, pemain akan mendapatkan satu stack endurance tiap detik. Saat mencapai 5 stack endurance, pemain akan mendapatkan ukuran champions yang besar, 20 persen tenacity, dan meningkatkan armor serta magic resistance sebesar 30 persen hingga pemain meninggalkan pertempuran.

Shimmering Spark

  • Harga sebesar 500 gold.
  • Health sebesar 50.
  • Immolate (pasif) menghasilkan 5-10 magic damage pada musuh per detik.
sumber: twitter/@LeagueOfLegends

Selain memberikan detail item-item terbaru di atas, Wild Rift juga memberikan perubahan kepada beberapa item lainnya melalui patch 4.1. Melihat catatan patch 4.1 Wild Rift, terdapat sebanyak sembilan item yang menerima perubahan terbarunya, mulai dari Bami Cinder, Searing Crown, Thornmail, Abyssal Mask, hingga Spectral Sickle.

Berikut adalah detail perubahan terbarunya.

Bami’s Cinder

  • Harga kini menjadi 1300 gold.
  • Pasif magic damage per detik kini di angka 10-20.

Sunfire Aegis

  • Harga kini menjadi 3000 gold.
  • Total gold tidak berubah.
  • Setiap stack meningkatkan damage sebesar 7 persen.
  • Efek menambah stack 6 lapisan telah berganti menjadi basic attack yang menyebabkan 50 persen damage.
  • Faktor damage pada monster jungle menjadi 130 persen.
  • Faktor damage pada minion kini menjadi 175 persen – 250 persen.

Searing Crown

  • Harga kini menjadi 2700 gold.
  • Health menjadi 300.
  • Armor menjadi 50.
  • Saat basic attack Fiery Touch menghasilkan damage, akan membakar musuh selama 3 detik, menyebabkan magic damage setara dengan 1,6 persen dari HP maksimum musuh per detik.
  • Menghasilkan 150 persen damage pada minion dan monster.
  • Menghasilkan hingga 125 damage pada monster jungle.

Bramble Vest

  • Harga kini menjadi 2700 gold.
  • Statistik kini menjadi 100 health.
  • Damage pasif Thorns menjadi 4 + 6 persen bonus armor.

Thornmail

  • Harga kini menjadi 2700 gold.
  • Statistik kini menjadi 100 health.
  • Damage pasif Thorns menjadi 20 + 1 persen bonus health + 6 persen bonus armor.

Force of Nature

  • Pasif Absorb saat ini dihapus.
  • Saat menerima damage skill, pemain kini bisa mendapatkan lapisan firmness selama 7 detik, yang bisa ditumpuk hingga 6 kali. Efeknya mampu menghasilkan damage kepada champions serta bisa memperbarui durasi lapisan ini. Saat 6 stack, pemain akan mendapatkan 10 persen kecepatan pergerakan dan mengurangi semua magic damage yang diterima sebesar 25 persen.

Abyssal Mask

  • Damage pasif dihapus.
  • Saat menerima magic damage, pemain mendapatkan 20 persen dari damage yang diterima sebagai sisa charge selama 5 detik. Saat pemain menerapkan root pada champions musuh, gunakan sisa charge untuk menyebabkan ledakan sejauh sekitar 0,9 meter di dekat musuh pertama yang di-root, menghasilkan magic damage setara dengan sisa charge.

Relic Shield/Targon’s Buckler

  • Bloodline minion eksekusi melee atau range kini di angka 75 persen/75 persen.
  • Menghancurkan minion untuk memberikan 120 persen gold, dan 100 persen gold untuk champions sekutu terdekat sudah dihapus.
  • Hancurkan minion untuk memberikan gold kill kepada champions sekutu terdekat, pemain akan mendapat 50 persen gold kill, dan tambahan 75 gold.
  • Saat charge penuh dan rekan tim ada di sekitar, saat health minion mencapai garis batas eksekusi, bar health minion akan berubah menjadi kuning untuk mengingatkan pemain.
  • Cooldown charge kini berdurasi selama 30 detik.

Spectral Sickle/Harrowing Cresent

  • Cooldown charge kini menjadi 15 detik.
  • Gold yang didapat sebesar 40 gold.