Panduan

Panduan Marvel Snap: Membawa Tech Card Untuk Counter Kartu Lawan

Apakah selama bermain Marvel Snap kamu sering menemui deck tertentu dan selalu kalah? Mungkin kamu beberapa kali menemui deck yang mengandalkan mekanisme tertentu dan kesulitan menghadapinya? Jika sering menghadapi situasi tersebut, kamu mungkin perlu membawa tech card.

Apa sih tech card di Marvel Snap? Fungsinya apa? Yuk pelajari di sini

Fungsi Tech Card Dalam Deck

panduan-marvel-snap-tech-card-kartu-counter-1

Tech card sebenarnya adalah konsep yang sudah ada di semua game kartu. Secara fungsi, tech card adalah kartu-kartu tertentu yang dibawa khusus untuk menangkal kartu atau mekanisme lain yang mungkin akan digunakan oleh lawan.

Sebagai contoh, kamu membawa Enchantress untuk mengantisipasi kartu seperti Wong, Patriot, atau Devil Dinosaur. Sama halnya dengan Shang-Chi untuk menjawab kartu besar dari lawan, atau Armor untuk menjawab Nova dan Bucky Barnes.

Seorang pemain membawa tech card karena beberapa hal. Pertama, untuk melindungi deck sendiri yang mungkin lemah terhadap mekanisme tertentu. Misalnya kamu membawa deck Kazar yang sangat lemah menghadapi Killmonger. Karena itu kamu tentunya ingin membawa Armor meskipun kartu tersebut tidak punya sinergi dengan strategimu.

panduan-marvel-snap-tech-card-kartu-counter-2

Alasan kedua adalah menjawab tren. Selama bermain akan ada saat di mana kamu sering menemui Deck atau mekanisme tertentu yang sulit kamu hadapi. Untuk menjawab tren itu, jika kamu tidak ingin mengganti Deck, kamu tinggal membawa kartu yang menjawabnya dengan mudah.

Alasan ketiga sebenarnya mirip, yaitu menjawab Featured Location atau Hot Location yang muncul saat itu. Sesekali Marvel Snap akan membuat lokasi tertentu jadi lebih sering muncul. Jika kamu tidak suka menghadapi lokasi itu, kamu tinggal membawa kartu yang menjadi penangkalnya.

Risiko Membawa Kartu Mati Di Deck

panduan-marvel-snap-tech-card-kartu-counter-csm

Meskipun bisa jadi sangat efektif, bukan berarti tech card bisa sembarangan dimasukkan ke dalam Deck. Sekuat apapun sebuah tech card, kamu harus mempertimbangkan posisi kartu tersebut di dalam Deck-mu.

Sejatinya tech card dibawa dengan satu dan mungkin hanya satu tujuan yaitu menjawab kartu dan/atau mekanisme tertentu. Jika tidak bisa menjalankan ‘tugasnya,’ ada kemungkinan kartu tersebut tidak punya peran apa-apa.

Masalahnya adalah, di Marvel Snap Deck yang kamu bawa terdiri dari hanya 12 kartu aja. Selain itu dalam satu pertandingan kamu hanya punya enam giliran saja. Jika tech card yang kamu bawa ternyata mahal (misalnya Enchantress), kesempatan untuk memainkan kartu tersebut jelas jadi lebih sedikit.

panduan-marvel-snap-tech-card-kartu-counter-ench

Sekuat apapun tech card di Deck, kamu tentu harus tetap menjalankan strategi yang kamu jalankan. Karena alasan ini, kadang tech card juga sulit dimasukkan ke dalam satu deck.

Misalnya, anggaplah kamu ingin membawa Enchantress untuk menjawab kartu seperti Dino atau Patriot. Namun di saat yang sama, Deck-mu punya beberapa power play atau play yang penting di giliran yang sama atau dua giliran berikutnya. Nah, dalam situasi itu Enchantress jelas tidak punya tempat di Deck-mu sehingga sebaiknya tidak dibawa.

panduan-marvel-snap-tech-card-kartu-counter-contoh

Sama halnya dengan Shang-Chi yang mungkin ingin kamu mainkan di giliran lima atau enam. Namun di saat yang sama kamu juga membawa kartu besar seperti Magneto. Itu berarti Shang-Chi sebenarnya tidak punya tempat di Deck-mu.

Bahkan tech card yang murah seperti Armor juga tidak mudah dimasukkan dan dimainkan jika kamu punya Deck yang membawa kartu penting yang murah seperti Okoye. Memang, kamu bisa memainkan Armor di giliran berikutnya, tapi itu jika kamu tidak punya play yang lebih baik di giliran tersebut.

Punya Tempat Untuk Dimainkan

panduan-marvel-snap-tech-card-kartu-counter-storm

Satu lagi hal penting yang harus kamu perhatikan adalah urutan flip atau memperlihatkan kartu. Percuma membawa tech card untuk menjawab Wong jika lawanmu ternyata bisa mengaktifkan kartu combo-nya lebih dulu sebelum kamu menghapus efek Wong dengan Enchantress. Atau kamu ingin mencegah lawan menggunakan Venom dengan memainkan Cosmo, tapi ternyata ia flip lebih dulu.

Sama seperti banyak situasi lain, kamu juga harus memperatikan urutan flip sebelum memainkan tech card. Karena itulah, biasanya, sebelum memainkan tech card, kamu harusnya sudah ada di posisi yang solid lebih dulu.

Jadi misalnya kamu membawa Enchantress, ada baiknya strategimu di tiga giliran pertama sudah kuat. Jadi kamu punya window untuk memainkan Enchantress dengan risiko yang minimal. Jika pada akhirnya kamu tidak bisa memuat tech card yang sesuai di deck, berarti besar kemungkinan kamu harus mengganti atau memodifikasi deck-mu.