Fighting Games

Sejarah Virtua Fighter, Nenek Moyangnya Game Fighting 3D

Ada sebuah masa di mana semua orang hanya mengenal Virtua Fighter, bukan Tekken apalagi SoulCalibur. Masa tersebut dimulai di tahun 1993, lebih tepatnya saat SEGA AM2 mengeluarkan game Virtua Fighter di arcade.

Orang yang bertanggung jawab di balik Virtua Fighter adalah Yu Suzuki. Suzuki bukanlah orang yang tidak dikenal pada saat itu. Dia telah menciptakan beberapa arcade terpenting SEGA (game seperti After Burner II, OutRun, Space Harrier, atau Super Hang-On). Beberapa bahkan menyebutnya sebagai jawaban Sega untuk Nintendo’s Shigeru Miyamoto.

Pengembangan Virtua Fighter

Di awal tahun sembilan puluhan, dia mengepalai Departemen Penelitian dan Pengembangan Mesin Hiburan SEGA 2 (lebih dikenal sebagai AM-2). Dalam posisi ini. Suzuki mulai berkecimpung dalam menghadirkan teknologi 3D ke arcade menggunakan poligon. Usaha pertamanya – dan sangat sukses – adalah Virtua Racing berdasarkan hardware SEGA “Model 1” yang telah dikembangkan bekerja sama dengan pabrikan kedirgantaraan multinasional Lockheed Martin.

Meskipun Hard Drive Atari telah menghadirkan pengalaman 3D poligonal ke dalam arcade empat tahun sebelumnya, teknologi baru SEGA memungkinkan gerak dan fluiditas yang lebih realistis untuk gameplay. Model 1 mampu merender 180.000 poligon per detik, sangat cepat untuk standar yang ditetapkan hingga saat ini. Teknologi ini merupakan terobosan dan bahkan diakui di luar industri.

Pada tahun 1998, seri Virtua Fighter diakui oleh Institut Smithsonian atas kontribusinya yang inovatif di bidang seni dan hiburan, dan beberapa kabinet arcade mereka menjadi bagian dari pameran permanen di Museum Nasional Sejarah Amerika Smithsonian.

Virtua Fighter sendiri merupakan instant hit. Meskipun memiliki keterbatasan hardware sehingga masing-masing dari delapan karakter pemain (dan satu bos) dibuat hanya dengan 1200 poligon. Meskipun masih terlihat kotak-kotak, tetapi di zamannya belum pernah ada game fighting yang memiliki animasi sefluid Virtua Fighter.

Virtua Fighter menjadi salah satu game SEGA tersukses di Jepang. Untuk alasan ini, keputusan dibuat untuk menjadikannya salah satu judul peluncuran platform generasi berikutnya SEGA, Saturn.

Sebuah Sekuel yang Melebihi Masanya

Saat Virtua Fighter sukses di pasaran, SEGA memutuskan untuk melakukan port ke sistem SEGA 32X. Ketika proses port selesai, SEGA dan Lockheed Martin telah selesai mengembangkan hardware yang diberi nama “Model 2.” Model ini mampu merender poligon hingga 300.000 poligon per detik, dan menampilkannya pada 60fps.

Tidak hanya itu, Model 2 juga bisa memberikan tambahan bitmap pada model karakter, menjadikan tampilan yang lebih baik dari Model 1. Hal ini menjadikan Virtua Fighter 2 sebagai game 3D dengan grafis yang luar biasa halus dan cukup realistis di zamannya.

Virtua Fighter 2 juga menjadi sebuah tonggak tradisi Virtua Fighter. Di mana setiap kali ada sekuel baru SEGA AM2 akan menambahkan dua karakter baru ke dalamnya. Pada Virtua Fighter 2 kita mendapatkan Shun Di dan Leon Rafale.

Kepopuleran waralaba Virtua Fighter 2 bahkan berputar menjadi serial anime yang berlangsung selama dua musim (tiga puluh lima episode, 1995-1996) dan ditayangkan di beberapa negara, termasuk Italia, Chili, dan Meksiko.

Acara TV ini mengambil beberapa kebebasan dengan caranya menafsirkan karakter. Misalnya, alih-alih menjadi Bajiquan yang disiplin, Akira Yuki digambarkan sebagai pemalas kikuk yang baru serius ketika teman-temannya terluka.

Masa Senja Virtua Fighter

1997 selama bertahun-tahun akan menjadi terakhir kalinya SEGA tidak merugi. Bagian besar dari tahun sukses terakhir ini adalah Virtua Fighter 3, game arcade terbesar SEGA hingga saat ini. Sekali lagi, game ini meningkatkan standar dari sudut pandang teknologi: lebih dari 1.000.000 poligon, Anti-aliasing dan Goraud Shading menjadikannya update yang paling penting untuk diterapkan ke karakter bos Dural.

Game ini juga merupakan game fighting 3D pertama yang memungkinkan pertarungan di tempat yang tidak rata, seperti tangga atau atap. Penambahan tombol menghindar akhirnya memungkinkan penerapan gerakan 3D yang sebenarnya juga, bukan hanya tipu muslihat optik. Selain itu, lompatannya tidak terlalu melayang dari sebelumnya.

Versi terbaru, Virtua Fighter 3tb, juga menyertakan mode Pertempuran Tim yang agak mengingatkan pada seri King of Fighters. Game ini juga akan menjadi salah satu judul peluncuran Dreamcast. Meskipun menjadi salah satu judul Dreamcast yang sukses, tapi sejatinya versi ini tertinggal jauh di belakang kemampuan arcadenya. Ini sebagian karena sifat Dreamcast yang digarap terburu-buru dan fakta bahwa pekerjaan tersebut telah diberikan kepada perusahaan third party Genki, alih-alih dikembangkan oleh AM2.

Dengan menurunnya arcade dan SEGA, Virtua Fighter 4 pertama kali hadir pada tahun 2001 dengan sedikit kemeriahan: Tidak seperti pendahulunya, game ini secara grafis dan teknologi tidak berada di depan game fighting lainnya. Sama seperti game sebelumnya, Virtua Fighter 4 juga hadir untuk memperkenalkan board arcade baru dari SEGA, kali ini bernama NAOMI 2.

Dengan bubarnya divisi konsol SEGA, versi rumahan dari game tersebut tidak akan dirilis pada konsol yang dikembangkan oleh mereka sendiri. Sebaliknya, itu dirilis di Playstation 2, di mana itu menjadi sukses luar biasa. Versi terbaru Virtua Fighter 4: Evolution, dengan grafik yang lebih baik dan dua karakter tambahan. Di Jepang, game ini bahkan terjual lebih banyak dari rival langsungnya Tekken 5.

Game terbaru dari seri Virtua Fighter 5 melanjutkan standar tinggi yang ditetapkan oleh seri-seri sebelumnya. Pertama kali dirilis ke Arcade Jepang pada tahun 2006 (juga dikenal sebagai “Versi A”), game ini kemudian dikembangkan lagi menjadi versi Playstation 3 (“Versi B”) dan bahkan XBOX 360 (“Versi C”). Pada versi akhirnya, Virtua Fighter 5 Ultimate Showdown dirilis untuk Playstation 4 dan Arcade. Game ini menggunakan engine Dragon Engine Yakuza.