Mengenal Cancel, Mekanik Game Fighting yang Biasanya Hadir di Game Fighting 2D
Jika kamu melakukan gerakan special tepat saat gerakan normal mengenai musuh, dan gerakan khusus menimpa animasi gerakan normal, maka gerakan tersebut disebut sebagai “cancel”. Ini juga dapat disebut sebagai “Special Cancel”, tetapi “Cancel” saja sudah cukup mewakili proses yang terjadi di belakangnya.
Jika kamu memasukkan gerakan special sesegera mungkin setelah gerakan normal, kamu bisa mengeluarkan gerakan special segera setelah gerakan normal berakhir. Dengan “cancel” kamu dapat melewati seluruh gerakan yang tersisa (recovery frame) dan menyambungkannya dengan gerakan special untuk menjadi sebuah combo.
Secara umum, kamu tidak dapat mengcancel bagian mana pun dari gerakan normal, tetapi kamu dapat membatalkan gerakan tersebut ketika mengenai musuh. Tidak peduli apakah gerakan tersebut ditangkis atau kena. Jadi bisa dibilang kamu bisa melakukan cancel ketika berada di kondisi block atau hit stun yang muncul ketika gerakanmu mengenai hit box musuh.
Pada dasarnya cancel bukanlah sesuatu yang direncanakan. Awalnya gerakan cancel dibuat untuk membuat gerakan special menimpa gerakan normal. Hal ini dibuat agar gerakan special lebih mudah diakses oleh kebanyakan pemain. Tetapi dalam beberapa kasus, gerakan normal memiliki recovery time yang lebih cepat dari gerakan special, menjadikannya sebagai sebuah string combo yang terhubung. Developer (Capcom) merasa kalau perkembangan ini menarik, sehingga mereka membiarkannya tetap di dalam game.
Karena cancel adalah produk sampingan dari upaya untuk membuat gerakan special lebih mudah dilakukan, pada dasarnya cancel hanya mungkin dilakukan dari gerakan normal ke gerakan special. Dengan pengecualian khusus tertentu, umumnya kamu tidak dapat melakukan cancel antara dua gerakan normal, dari gerakan special ke normal, atau antara dua gerakan special. Namun, ada beberapa gerakan unik yang bisa digabungkan dengan cancel.
Meskipun gerakan yang dapat dicancel terbatas, kamu dapat melakukan gerakan special apa pun dari cancel tersebut. Misalnya, cr.MK ke Hadoken, Shoryuken, atau Tatsumaki Senpukyaku.
Untuk meringkas secara singkat dasar-dasar
1: Tidak semua langkah normal dapat dicancel, hanya gerakan yang telah ditentukan sebelumnya
2: Cancel hanya dapat dilakukan saat gerakan mengenai musuh
3: Kamu dapat melakukan input perintah selama block stun atau hit stun
4: Cancel hanya dapat dilakukan dari gerakan normal ke gerakan special
5: Setiap special dapat dilakukan dari cancel
Kadang-kadang dasar-dasar ini dapat berubah tergantung pada gamenya. Misalnya ada sebuah game yang membiarkan semua gerakan bisa dicancel, tanpa peduli gerakan itu kena atau tidak.
Kara Cancel
Kara cancel adalah proses cancel normal ketika hendak masuk ke active frame. Kara diambil dari kata bahasa Jepang untuk “kosong”. Cancel ini tidak hanya terbatas pada gerakan normal ke gerakan special.
Chain (Renda) Cancel
Ada beberapa serangan normal yang bisa dicancel ke serangan normal lainnya. Biasanya serangan ini berasal dari gerakan cepat yang menghasilkan hit animation panjang bagi musuh sehingga bisa ditimpa sekali lagi dengan gerakan normal lainnya.