Patch 3.5 Berikan Perubahan Terbaru kepada Jungle di Wild Rift
Sejumlah update menarik dihadirkan pada patch 3.5 Wild Rift yang dihadirkan oleh Riot Games pada Rabu (16/11) kemarin. Patch tersebut merilis sejumlah update terbaru, yaitu hadirnya champions Aatrox dan Kayn, buff dan nerf untuk beberapa champions, serta update menarik lainnya. Namun, ada satu update yang juga perlu diketahui oleh semua pemain Wild Rift di patch 3.5, yaitu perubahan yang berkaitan dengan jungle.
Pertama adalah penyesuaian spell Smite Wild Rift. Game mobile garapan Riot Games tersebut membawa sejumlah perubahan penting pada spell khusus itu. Menurut Riot, sistem Smite yang lama terlalu berlebihan. Wild Rift pun memberikan perubahan terbaru dari sistem Smite yang lama.
“Kami mengurangi beberapa mekanika menantang serta menambahkan manfaat jungle yang lebih jelas,” ujar Wild Rift melalui keterangan resminya.
Adapun perubahan yang dilakukan Wild Rift pada perubahan Smite kali ini adalah dihapuskannya Challengers Smite. Artinya, setelah diterapkannya patch 3.5, pemain tidak akan bisa menggunakan lagi dari Challengers Smite tersebut ke depannya.
Berikut adalah catatan yang diberikan Wild Rift untuk Smite.
Smite
Aktif: hasilkan 600 true damage pada monster epic atau besar atau minion, dan pulihkan 70 (+10 persen total health) health. Upgrade ke Chilling Smite setelah 3 penggunaan.
Jungle Expertise (pasif)
- 20 persen gold atau XP dari monster jungle, tetapi untuk sementara meraih 60 persen lebih sedikit gold atau XP dari minion.
- 15 persen damage dan 15 persen ability damage tambahan ke monster jungle.
- Memulihkan 40 health dalam 5 detik sambil melawan monster jungle.
- Memulihkan 4 mana tiap detik saat berada di jungle atau river.
Chilling Smite
- Melawan monster atau minion menghasilkan 800 true damage dan memulihkan 70 (+10 persen total health) health.
- Melawan champion menghasilkan 38-184 true damage dan mencuri 25 persen movement speed mereka selama 2 detik.
Update selanjutnya adalah Jungle Conservation, sistem terbaru yang akan diterapkan pada jungle di Wild Rift. Bisa dibilang, ini merupakan buff yang akan diberikan kepada pemain apabila mereka melancarkan Smite.
“(Tujuannya) agar roaming dan ganking tak terlalu menyulitkan pemain jungle serta untuk memberi kesempatan kepada para jungler untuk mengejar ketertinggalan,” tutur Wild Rift.
Sejumlah catatan dari buff baru yang diberikan oleh Jungle Conservation adalah sebagai berikut.
- Tiap 5 detik, pemain mendapatkan 12 atau 6 stack pada buff Conservation mereka. Jumlah stack yang diperoleh didasarkan pada pendapatan gold pemain dan tim pemain.
- Jika gold tim pemain lebih rendah dari gold tim musuh sebesar 10 persen atau lebih dan jika pendapatan gold pemain lebih rendah dari sekutu mereka sebesar 5 persen atau lebih, mendapatkan 12 stack per 5 detik.
- Di situasi lainnya, mendapatkan 6 stack per 5 detik.
- Saat membunuh monster besar atau epic, kamu akan mengonsumsi semua stack buff Conversation saat ini, memberimu 1 gold per stack (Maksimum 150 charge).
Berikutnya, Wild Rift memberikan perubahan jangkauan serangan pemain pada beberapa camp monster. Hal ini dilakukan untuk menghapus optimasi ketika pemain bisa berdiri di tengah-tengah dua camp serta melakukan farming di kedua camp sekaligus. Berikut adalah beberapa perubahan yang ada.
- Crimson Raptor, dari yang awalnya 3, menjadi 1.
- Gromp, dari yang awalnya 1,8, menjadi 0,9.
- Blue Sentinel, dari yang awalnya 1,8, menjadi 0,9.
- Red Brambleback, dari yang awalnya 2,2, menjadi 1,5.
Update lain yang dibawakan Wild Rift pada patch 3.5 untuk jungle adalah perubahan terbaru dari monster Red Bramblebackdan Blue Sentinel. Selama ini buff yang didapat hanya bisa digunakan oleh pemain yang berhasil membunuh monster tersebut. Di update ini, Wild Rift mengubah hal tersebut sehingga buff dari Red Brambleback maupun Blue Sentinel akan bisa diberikan kepada rekan satu tim.
Selain Red Brambleback dan Blue Sentinel, Wild Rift juga memberikan perubahan terbaru untuk Rift Herald. Monster yang fungsinya untuk mempercepat penghancuran turret ini mendapat perubahan pada aspek durasi animasi summoning, yang awalnya 7,6 detik menjadi 4 detik. Selain itu, waktu penggunaan dash headbutt menghadapi turret juga turun, dari yang awalnya 2,5 detik, menjadi 1,75 detik.
Melihat perubahan yang berkaitan dengan jungle di atas, apakah kalian tertarik untuk merasakan perubahan terbaru tersebut sobat Metaco?