Cypher, Harbor, dan Fade Dapatkan Perubahan Besar Pada Patch 5.10 VALORANT
Minggu ini (15/11), VALORANT resmi merilis patch terbarunya yaitu 5.10. Seperti biasa, VALORANT membawa sejumlah update yang dihadirkan dalam patch baru tersebut. Terlebih lagi, update yang dibawakan pada patch ini tidak memberikan event maupun item terbaru di dalamnya. Artinya, patch 5.10 menghadirkan sejumlah update dari beberapa agent.
Pertama-tama adalah perubahan terbaru untuk agent baru Harbor. Patch tersebut merilis update yang dihadirkan VALORANT untuk agent yang barasal dari India itu. Bisa dikatakan, VALORANT memberikan sejumlah perubahan khusus kepadanya, terutama pada ability Harbor.
Bukan nerf, yang didapatkan oleh Harbor justru peningkatan pada salah satu ability-nya, yaitu Cascade. VALORANT mengungkapkan, pemain belum terbiasa menggunakan agent baru ini dikarenakan mereka merasa ada batasan tersendiri saat menggunakan Cascade.
“Beberapa pemain yang baru mengenal Harbor kurang mahir menggunakan ability tersebut dan merasa terlalu dibatasi,” tutur VALORANT melalui keterangan resminya.
Perubahan yang dilakukan oleh VALORANT adalah meningkatkan jumlah Cascade yang bisa dibeli, yang awalnya 1 menjadi 2.
“Kami berharap perubahan ini memudahkan pemain untuk mulai beraksi dengan Harbor. Bagi pemain Harbor yang sudah terampil, semoga mereka bisa lebih leluasa saat mengendalikan peta,” lanjut VALORANT.
Berikutnya, sejumlah perubahan besar dilakukan VALORANT kepada Cypher. Agent asal Maroko ini mendapatkan perubahan yang sangat banyak dibandingkan Harbor. VALORANT menyatakan, ada banyak sekali aspek-aspek dari Cypher yang membuat performanya menurun.
Dengan kata lain, ability dari agent ini juga mengalami penurunan dan mudah ditembus oleh pemain lain, mulai dari perfoma Trapwire hingga Neural Theft. Maka dari itu, VALORANT memberikan peningkatan dari hal-hal di atas. Berikut adalah peningkatan yang diberikan VALORANT kepada Cypher.
Trapwire
- Jarak maksimum Trapwire ditingkatkan dari 1000, menjadi 1500.
Neural Theft
- Kini mengungkap musuh dua kali. Ada jeda empat detik di antara kedua pengungkapan.
- Batasan waktu untuk casting pada mayat musuh telah dihapus.
- Jarak maksimum casting ditingkatkan dari 1200, menjadi 1800.
Performa Permainan
- Pembaruan siluet kuning pada pengungkapan Spycam dan Neural Theft.
- Siluet kuning akan menghilang jika musuh yang terungkap sudah terlihat oleh pemain. Hal ini untuk mengurangi kebingungan melihat dua representasi musuh di tempat yang berbeda.
- Siluet kuning kini muncul lebih redup dan memudar lebih cepat agar lebih bisa dibedakan dengan musuh sungguhan.
- Utilitas Cypher yang diletakkan tidak bisa lagi dihancurkan oleh damage AOE sekutu.
Selain Harbor dan Cypher, patch 5.10 memberikan perubahan terbaru kepada Fade. Agent ini juga hampir sama dengan Cypher, di mana ia mendapatkan perubahan yang cukup banyak. VALORANT memberikan perubahan besar kepada dua ability miliknya, yaitu Prowler dan Nighfall.
Untuk Prowler, VALORANT memberikan perubahan terbaru, di mana musuh akan dibuat kesulitan saat Fade melancarkan Prowler.
“Kami ingin memoles Prowler Fade yang telah menjadi ability serbaguna namun sulit dilawan,” tulis Jo-Ellen Aragon, Community Manager VALORANT.
Sementara untuk Nightfall, VALORANT meningkatkan harga dari ultimate Fade ini.
“Biaya Nightfall ditingkatkan karena ternyata nilai dasar ultimate ini cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan ultimate (agent) lain dalam game,” sambungnya.
Berikut adalah catatan perubahan Fade yang diberikan VALORANT dalam patch 5.10.
Prowler
- Durasi dikurangi dari 3 detik menjadi 2,5 detik. (Waktu Prowler masih hidup tanpa jejak).
- Penundaan gigitan setelah mengenai target ditingkatkan 0,4 detik menjadi 0,6 detik.
- Perbaikan hitbox.
- Durasi nearsight on-hit dikurangi 3,5 detik menjadi 2,75 detik.
- Prowler sekarang menghilang dan tidak lagi debuff, bukannya debuff target jika mereka berteleportasi sebelum animasinya selesai.
Nightfall
- Biaya ditingkatkan dari 7 menjadi 8.
Patch 5.10 juga membawakan fitur terbaru ke dalam VALORANT, yaitu evaluasi teks aktual. Selama ini, pemain tentu kesal dengan ulah para pemain lain yang sering chat atau spamming di kolom chat. Jelas ini membuat kalian terganggu, apalagi saat bermain. Untuk membuat pemain nyaman, VALORANT merilis fitur tersebut yang mana fungsi dari fitur baru ini bisa membisukan pemain yang sedang spamming di kolom chat.
“Intervensi untuk teks yang mengganggu akan segera diterapkan karena sistem terus diperbarui untuk mengevaluasi lebih banyak jenis komunikasi teks,” sebut VALORANT.
Namun, fitur evaluasi teks aktual akan diterapkan di wilayah Amerika Utara terlebih dahulu. Tujuannya, supaya fitur ini bisa mengurangi sikap pemain yang nakal dengan modus spamming pesan teks di kolom chat.
“Kami berharap bisa mendeteksi dan mengurangi situasi yang mengganggu saat pemain sedang bermain serta membantu mereka merasa lebih aman untuk berinteraksi dalam VALORANT,” kata VALORANT.
Untuk wilayah lain seperti Indonesia akan mendapatkan fitur ini dalam waktu dekat. Jadi sobat Metaco, sabar menanti ya soal fitur baru ini. Jika kalian terganggu dengan pemain yang nakal dengan modus spamming chat, tidak usah ditanggapi. Fokus kalian jangan teralihkan dengan pemain yang nakal seperti itu.