Kamus dan Serba-Serbi EsportsPanduan

Okizeme, Mekanik Batu, Kertas, Gunting, di Game Fighting

Setelah sebelumnya kita membahas apa itu frame trap, sekarang giliran kita membahas apa itu okizeme di game fighting. Okizeme (起き攻め) adalah istilah yang dipinjam dari komunitas game fighting Jepang yang berasal dari kata oki (起き) yang berarti “bangun” dan zeme (攻め) yang berarti “menyerang”.

Okizeme, sering disingkat menjadi “oki”, menggambarkan situasi di mana satu pemain menyerang lawan mereka, sementara karakter lawan berusaha bangkit dari tanah karena roboh.

Bila disamakan, situasi oki sebenarnya mirip dengan permainan batu, kertas, gunting. Hal ini terjadi karena pemain yang karakternya berdiri memiliki sejumlah opsi, begitupun karakter yang sedang roboh. Tapi biasanya orang yang berdiri berada pada situasi yang lebih diuntungkan, karena mereka bisa mengatur berbagai hal dan kondisi.

Teknik oki diterapkan sangat bervariasi antara karakter dan gamenya, tetapi pada intinya konsepnya selalu sama. Penyerang yang berdiri akan mencoba untuk menyerang orang yang sedang roboh untuk menciptakan peluang mendaratkan damage tambahan. Sementara orang yang roboh akan berusaha untuk menghindari hal tersebut, kalau bisa membalas orang yang sedang berdiri.

Okizeme di Game Fighting 3D

Okizeme GIF | Gfycat

Okizeme di game fighting 3D biasanya mengacu pada game-game yang memiliki pergerakan 3D. Kita bisa bergerak ke depan, belakang, lompat, samping kanan, atau samping kiri.

Secara umum, okizeme dimulai ketika seorang pemain menjatuhkan lawannya ke tanah. Saat di tanah, lawan memiliki beberapa kemungkinan opsi (tergantung pada gamenya) termasuk hanya bangun, berguling sebelum bangun, bangkit dengan serangan, atau kombinasi (yaitu berguling, dan bangkit dengan serangan).

Pemain yang masih berdiri akan mencoba untuk menyerang lawan sambil menebak apa yang dilakukan musuh mereka ketika bangun. Membuka kesempatan untuk menyerang lawan dengan combo atau membuat mereka terjatuh lagi, sehingga mempertahankan posisi oki lebih lama.

Selain itu bila lawan tidak bereaksi tepat waktu, pemain yang berdiri dapat menyerangnya dengan serangan khusus yang mengenai lawan di tanah, atau jenis serangan low lainnya untuk damage tambahan.

Okizeme di Game Fighting 2D

A Glossary of Fighting Game Terminology - Tilting at Pixels

Di sebagian besar game fighting 2D, lawan yang berada di tanah biasanya tidak dapat diserang, atau dapat segera melawan atau memblokir upaya serangan apa pun. Okizeme lebih sering digunakan untuk membuat lawan memblokir atau merespon dengan cara yang salah.

Misalnya, pemain yang berdiri melempar Hadouken sehingga lawan yang mencoba berdiri akan terkena Hadouken tersebut. Hal ini memaksa lawan untuk memblokirnya atau terkena damage yang lebih besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *