Kamus dan Serba-Serbi Esports

Kamus Metaco: Mengenal Konsep Animation Cancelling di Video Game

Ketika sudah memasuki level serius atau kompetitif, gamer biasanya berusaha mengoptimalkan permainan mereka semaksimal mungkin. Setiap aspek gameplay akan dimanfaatkan bahkan sampai ke tingkat yang mungkin belum pernah terpikirkan. Salah satu mekanisme yang sering dimanfaatkan di banyak game adalah cancel, atau lebih tepatnya animation cancelling.

Sesuai namanya, animation cancelling adalah upaya pemain dalam membatalkan animasi karakter yang kamu gunakan saat karakter tersebut melakukan serangan atau skill. Sejatinya, animation cancelling bisa diterapkan kapan saja saat karakter tersebut bergerak. Tapi jika membahas optimalisasi gameplay, animation cancelling ini membahas satu bagian yang lebih spesifik.

Ketika melakukan serangan, karakter dalam game punya animasi gerakan yang terdiri dari tiga bagian. Bagian pertama adalah startup atau ancang-ancang sebelum mengeluarkan serangan. Bagian kedua adalah ketika serangan itu aktif atau bisa melukai lawan. Jika serangannya berupa tembakan berarti proyektilnya sudah dikeluarkan dan mengarah ke lawan, dan jika berupa pukulan berarti pukulannya sudah diayunkan ke arah lawan. Lalu bagian ketiga adalah backswing, misalnya ketika karaktermu sudah mengeluarkan proyektil, apapun gerakan yang ia lakukan setelahnya adalah backswing.

kamus-metaco-animation-cancelling

Dalam animasi karakter, backswing biasanya ada untuk pemanis dan tidak berfungsi apa-apa. Bahkan jika seranganmu meleset, membiarkan karaktermu melakukan animasi backswing ini membuatmu terbuka lebar untuk serangan lawan.

Nah, animation cancelling di sini adalah membatal animasi backswing seranganmu. Tujuannya adalah agar kamu tidak terjebak di animasi backswing tersebut dan bisa langsung melakukan tindakan berikutnya, entah itu bergerak atau melakukan serangan lanjutan, atau bertahan dari serangan lawan. Dengan kata lain, kamu tidak memberikan celah ke lawanmu baik dalam hal menyerang maupun bertahan.

Meskipun tidak pernah diperkenalkan secara resmi, banyak game yang bisa dimainkan secara lebih optimal dengan menggunakan animation cancelling. Nama tekniknya pun beragam tergantung pada game yang kamu mainkan. Misalnya di game MOBA, kamu bisa melakukan stutter step. Kemudian di fighting games, tergantung game-nya, kamu punya dash cancel atau membatalkan animasi dengan melakukan dash, jump cancel berarti membatalkan animasi dengan melompat, dan masih banyak lagi.

Animation cancelling adalah teknik yang mungkin perlu latihan dan pembiasaan diri agar bisa dikuasai. Beberapa game bahkan punya timing window yang sangat singkat agar kamu bisa melakukannya. Tapi begitu kamu bisa melakukannya secara konsisten, trik ini akan membuatmu bisa memaksimalkan gameplay dengan lebih baik lagi.