Panduan Overwatch: Mengenal Jenis dan Perbedaan Tipe Serangan
Overwatch memiliki banyak elemen mekanik, salah satunya adalah tipe-tipe serangan dan macam-macam AoE (area of effect). Untuk tipe-tipe serangan, Overwatch memiliki tiga jenis serangan yang dibagi menjadi berbagai subtype.
Kita mengenal serangan melee, ranged, dan beam. Untuk serangan melee, kami akan membahasnya di artikel lain. Untuk ranged dan beam, kami bahas sampai tuntas di artikel ini.
Ranged
Ada tiga tipe serangan ranged di Overwatch, yaitu hitscan, proyektil (projectile), dan shotgun. Ketiga serangan ini memiliki properti yang berbeda-beda sehingga cara pemakaiannya berbeda pula.
Hitscan
Serangan dengan tipe hitscan tidak memiliki waktu tempuh untuk setiap serangan. Itu artinya begitu mouse ditekan target akan langsung terkena damage. Semua senjata hitscan biasanya memiliki damage falloff atau pengurangan damage ketika mencapai jarak tertentu. Selain damage falloff, beberapa serangan hitscan juga memiliki bullet spread atau recoil, yang akan semakin menurunkan efektifitas dan akurasi.
Hero dengan serangan hitscan:
- Ana (scoped)
- Bastion
- D.Va
- McCree
- Reaper
- Soldier: 76
- Sombra
- Tracer
- Widowmaker
Proyektil
Berbeda dengan hitscan, serangan tipe proyekti memiliki travel time yang membuatnya cukup sulit untuk mengenai target. Sebagai kompensasi, serangan tipe proyektil memiliki hitbox cukup besar dan damage falloff yang cukup jauh.
Beberapa proyektil juga memiliki lengkungan (arc) yang menyebabkan proyektil tersebut memiliki lintasan tidak lurus. Lengkungan ini bisa hadir dalam dua tipe, ekstrim, dan tidak. Untuk lengkungan tipe ekstrim seperti Frag Launcher miliki Junkrat, kalian bisa memanfaatkan lengkungan tersebut untuk menghabisi target di balik obstacle.
Hero dengan serangan proyektil lurus:
- Ana (unscoped)
- Bastion (Tank)
- D.Va (Light Gun)
- Genji
- Lúcio (Sonic Amplifier)
- Mei (Icicle)
- Mercy
- Pharah
- Roadhog (Scrap Gun alternate fire)
- Symmetra (Energy Ball)
- Zenyatta
Proyektil melengkung (arcing projectiles):
- Hanzo
- Junkrat
- Roadhog
- Torbjörn
- Zarya (alternate fire)
Shotgun
Tipe serangan yang terakhir ini memecah-mecah damage ke peluru-peluru kecil yang memiliki area sebaran. Biasanya tipe serangan ini tetap memiliki perhitungan headshot dan damage falloff yang cukup ekstrim. Bila target berada di luar jarak maksimum, damage yang diterima target langsung mengecil hingga separuhnya. Untuk menyeimbangkan, biasanya shotgun memiliki damage yang luar biasa besar ketika ditembakkan di jarak efektif.
Hitscan shotgun:
- D.Va
- Reaper
Projectile shotgun
- Roadhog
- Torbjörn (alternate fire)
Beam
Untuk tipe serangan beam serangan ini terbagi menjadi dua tipe, yang pertama adalah frontal beam dan yang kedua adalah lock-on beam. Frontal beam mengharuskan kita untuk tetap melakukan aim, sedangkan lock-on beam bersifat aimless selama target berada di line of sight.
Serangan tipe beam ini biasanya tidak memiliki properti headshot, sehingga akan menghasilkan damage yang sama walaupun di arahkan ke kepala target.
Hero dengan frontal beam:
- Mei
- Zarya
Hero dengan lock-on beam:
- Symmetra
- Mercy (Caduceus Staff)
- Winston
Bonus: Line of Sight
Pada bagian penjelasan serangan tipe beam kami sempat menyinggung line of sight yang secara langsung berhubungan dengan AoE. Overwatch memiliki dua tipe AoE, yang pertama ada line of sight dan yang kedua adalah pure range.
AoE dengan line of sight akan memperhitungkan segala obstacle yang ada di dalam peta. Sebagai contoh, Self-Destruct milik D.Va tidak akan mengenai kalian yang berlindung di balik objek. Sedangkan AoE yang pure range hanya akan menghitung jarak kalian dengan target atau jarak proyektil dengan target.
Hero-hero yang memiliki AoE line of sight:
- Bastion (Tank)
- D.Va (Self-Destruct)
- Junkrat (RIP-Tire)
- Lucio (Sound Barrier)
- McCree (Deadeye)
- Mei (Blizzard)
- Pharah (Barrage)
- Reaper (Death Blossom)
- Reinhardt (Earthshatter)
- Roadhog (Wholehog)
- Soldier: 76 (Tactical Visor)
- Sombra (EMP)
- Tracer (Pulse Bomb)
- Zenyatta (Transcendence)
Hero-hero yang memiliki AoE pure range:
- Hanzo (Dragon Strike)
- Mercy (Resurrect)
- Symmetra (Shield Generator)
- Widowmaker (Infra-Sight)
- Zarya (Graviton Surge)
Ternyata banyak bukan mekanisme yang mempengaruhi sebuah serangan. Beberapa AoE bahkan memiliki penampilan yang menipu, seperti misalnya Blizzard milik Mei yang ternyata baru mengeluarkan efek begitu kalian berada di line of sight dronenya Mei. Kalau kalian berada di balik tembok, kalian akan melihat animasi Blizzard tanpa efek dan damage.