Istilah-istilah Penting di Arena of Valor
Arena of Valor memiliki banyak sekali istilah atau kata yang unik. Tidak sedikit para pemain AOV kurang mengetahui arti dari kata tersebut. Agar kamu lebih memahami kata-kata tersebut, kami sudah merangkumnya menjadi sebuah glosarium dalam artikel ini agar kamu dapat bermain AOV lebih baik lagi.
A
Ability Power
Abillity power merupakan istilah di _AOV yang menggambarkan seberapa besar damage yang dihasilkan oleh skill seorang hero.
Abyssal Lane
Abyssal Lane adalah lane yang berada di dekat Abyssal Dragon pit. Lane ini biasa diisi oleh hero berkelas Archer atau Warrior yang membutuhkan farming banyak.
AFK
AFK atau away from keyboard adalah istilah yang digunakan untuk memanggil pemain yang tidak aktif karena berbagai alasan. AOV akan otomatis mendeteksi pemain yang berada di dalam status AFK dan langsung memberikannya penalti.
Aggro
Aggro merupakan kata benda dari aggresive (agresif) yang dipakai untuk menggambarkan kondisi di mana AI menarget seorang hero. AI ini bisa berupa minion, monster dan tower.
Untuk melepaskan diri dari aggro kamu harus menjauh dari jangkauan jarak serang objek yang menyerangmu.
AoE
Area of Effect merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan sebuah skill yang memiliki target lebih dari satu di sebuah area tertentu.
Archer
Salah satu kelas hero yang ada di AOV. Hero Archer biasanya memiliki daya serang yang tinggi dan jarak serang yang jauh. Archer biasanya bergantung sekali dengan item yang menambah attack speed mereka.
Armor
Digunakan untuk menghitung pertahanan yang dihasilkan dari status, skill maupun gear yang dimiliki seorang hero.
Armor Pierce
Armor pierce adalah satuan yang digunakan untuk menghitung kemampuan sebuah serangan menembus armor yang dimiliki musuh.
Assassin
Hero dengan kelas assassin biasanya memiliki kemampuan untuk memberikan damage sangat besar dan bisa masuk dan keluar dari team fight dengan mudah. Biasanya para assassin memiliki durability yang rendah sebagai kelemahannya.
Attack Damage
Sebuah status yang dimiliki hero atau item untuk menunjukkan besar kekuatan dari hero atau item tersebut. Biasanya attack damage bisa disamakan dengan physical attack.
Attack Speed
Satuan yang digunakan untuk menghitung kecepatan serangan normal seorang hero.
B
Bait
Upaya memancing lawan untuk melakukan sebuah aksi atau bergerak ke posisi yang kamu inginkan. Contoh: kamu bisa membuat musuh mengejarmu padahal kamu sudah melakukan proxy pada musuh tersebut.
Basic Attack
Serangan dasar yang dimiliki setiap hero. Perhitungan serangan ini berasal dari status physical attack seorang hero.
Buff
Tambahan status yang didapat dari skill ataupun monster yang ada dijungle. Para pemain AOV Indonesia mempunyai sebutan sendiri seperti buff biru dan buff merah untuk membedakan Might Golem dan Sage Golem
Burst
Output damage yang sangat besar dalam waktu yang sangat singkat.
Bush/Brush
Rumput tinggi yang bisa digunakan untuk sembunyi di peta.
C
Care
Care digunakan untuk memberitahu kalau kamu harus berhati-hati terhadap sebuah kondisi. Contoh: care mid lane.
CC/Crowd Control
Skill yang dapat memberikan status tertentu pada musuh sehingga membatasi gerak mereka. Efek tersebut bisa saja berupa stun, silence, airborne, knock back, pull dan banyak lainnya.
CD/Cooldown
Waktu tunggu yang dibutuhkan sebuah skill sebelum akhirnya bisa digunakan kembali.
CDR/Cooldown Reduction
Pengurangan waktu cooldown karena skill maupun gear.
Critical
Serangan yang memiliki nilai lebih besar dibanding serangan normal. Status critical bisa ditingkatkan dengan membeli item yang memiliki status peningkatan critical.
COD/Curse of Death
Sebuah item in game berjenis attack. Memiliki efek untung mengurangi regenerasi HP musuh. Biasanya digunakan oleh para Assassin dan Archer untuk melawan hero Tank yang sangat keras.
Codex
Sebuah fitur in game yang berada di AOV. Fitur tersebut memberikan banyak misi ke para pemain AOV. Setiap misi akan menambah poin codex dan poin tersebut dapat memberikan hadiah ke para pemain yang sudah memiliki codex.
D
Debuff
Status buruk yang mempengaruhi hero kamu atau temanmu.
Dive
Dive adalah upaya untuk menyerang musuh yang berada di zona aman mereka, seperti misalnya musuh yang berada di dekat tower mereka.
DS Lane
DS Lane atau Dark Slayer Lane adalah lane di AOV yang terdekat dengan Dark Slayer pit. Lane ini biasanya di isi oleh hero kelas Tank atau Warrior.
DPS/Damage Per Second
Merupakan kependekan dari damage per second. Damage yang bisa dihasilkan oleh seorang hero di setiap detiknya. Para hero yang memiliki kecepatan serang sangat tinggi disebut juga sebagai DPS.
E
Exchange
Proses saling bertukar serangan dengan musuh saat lane maupun saat team fight. Exchange ini bisa jadi baik maupun buruk. Exchange baik terjadi saat musuh menerima damage lebih banyak dan sebaliknya.
F
Farm
Proses membunuh minion atau monster yang ada di jungle untuk mendapatkan gold.
Feed/Feeder
Feed atau well feed adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan satu hero yang memperoleh kill paling banyak. Sementara feeder adalah istilah yang dipakai untuk menggambarkan seorang anggota tim yang mati terus-menerus sehingga memberi gold dan experience yang banyak bagi musuh.
G
Gank
Menyerang musuh yang terisolasi secara sengaja maupun tidak sengaja secara beramai-ramai. Biasanya proses gank berlangsung dengan sangat cepat dan penuh kejutan.
GG
Singkatan dari good game yang melambangkan sikap sportif. Terkadang GG juga digunakan sebagai penanda permainan sudah berakhir.
H
Harass
Menyerang lawan saat melakukan laning hingga akhirnya lawan harus mundur untuk menyembuhkan diri atau bertahan di dekat tower. Proses ini menyebabkan mereka ketinggalan level atau kesulitan dalam mengumpulkan gold.
HP
Kapasitas durability yang dimiliki seorang hero. Bila HP menyentuh angka nol, maka hero tersebut kehilangan nyawanya.
HP Regen
Nilai regenerasi HP yang dimiliki seorang hero. Semakin tinggi nilainya, semakin cepat juga HP kamu pulih.
I
Initiate
Orang yang pertama maju atau yang memulai sebuah team fight (inisiasi).
K
Kiting
Proses menyerang musuh yang kemudian menghindar dari musuh tersebut demi menghindari damage atau serangan balasan.
KDA
Merupakan singkatan kill, death, dan assist.
KS
Merupakan kependekan dari kill steal atau mencuri kill dari rekan satu tim.
L
Leash
Membuat monster atau minion sekarat sehingga mudah dihabisi oleh main hitter.
Lifesteal
Kemampuan mengembalikan beberapa persen HP yang biasanya berasal dari basic attack. Status life steal bisa didapatkan dari skill maupun gear.
M
Mage
Kelas pengguna magic di AOV. Biasanya mereka memiliki burst damage yang sangat besar, tetapi HP-nya sangat kecil.
Magic Pierce
Salah satu tipe serangan yang ada di AOV. Perhitungan Magic Pierce didasari status Abillity Power seorang hero
Magic Damage Reduction/Magic Resistance
Pengurangan kekuatan serangan magic berdasarkan presentasi. Magic damage reduction biasanya didapatkan melalui item atau skill.
Mana
Kapasitas magic seorang hero. Mana digunakan juga sebagai satuan yang dibutuhkan untuk mengeluarkan skill. Beberapa hero tidak memiliki mana, sebagai gantinya mereka menggunakan unit lain dengan nama dan fungsi spesifik.
Mana Regen
Nilai pemulihan mana yang dimiliki oleh seorang hero.
Mid
Lane yang ada di tengah.
Minion
Unit yang muncul secara otomatis dan berperang di setiap lane yang disediakan. Mereka bergerak dan beraksi secara otomatis dan selalu menarget musuh yang ada di dekatnya tanpa prioritas.
Monster
Sebutan bagi para monster yang berada di jungle (hutan).
Movement Speed
Satuan yang menunjukkan kecepatan gerak seorang hero. Semakin tinggi angka_ movement speed_ semakin cepat hero tersebut bergerak dari satu titik ke titik lainnya.
N
Normal Monster
Salah satu tipe monster yang ada di jungle. Para normal monster ini hanya akan memberikan gold, experience, dan regenerasi HP atau mana.
N
Observer
Observer merupakan salah satu role di AOV. Observer bertugas sebagai support dalam game.
P
Passive
Passive di Mobile Legends bisa merujuk pada status passive yang ada di gear atau skill pasif yang dimiliki seorang hero.
Physical Attack
Satuan yang menunjukkan seberapa kuat Physical Damage yang dihasilkan seorang hero.
Physical Damage
Salah satu tipe serangan yang ada di Mobile Legends. Perhitungan Physical Damage didasari status Physical Attack seorang hero.
Push
Upaya untuk mendorong satu lane atau lebih, agar bisa menjangkau dan menghancurkan obyektif.
R
Rank
Satuan yang digunakan untuk mengukur kemampuan seseorang di AOV. Saat ini ada enam tier yang dimiliki Mobile Legends, mereka adalah Bronze, Silver, Gold, Platinum, Diamond, Conqueror atau Grand Conqueror.
Ranked
Mode yang harus dimainkan untuk mendapatkan nilai rank di AOV.
S
Silence
Salah satu debuff di AOV. Hero yang terkena silence tidak bisa mengeluarkan skill selama beberapa saat.
Slow
Salah satu debuff di AOV. Hero yang terkena _slow kecepatan bergeraknya akan melambat.
Spell Vamp
Kemampuan unik yang akan mengubah damage yang dihasilkan oleh skill menjadi HP.
Stack
Istilah yang merujuk pada penumpukan efek karena skill tertentu.
Stun
Salah satu debuff di AOV. Hero yang terkena stun akan berhenti bergerak selama beberapa saat. Terkadang stun tidak bisa membatalkan channeling skill.
Support
Hero dengan kelas support biasanya memiliki skill yang bisa membantu rekan satu tim untuk bertahan selama mungkin di dalam permainan. Baik saat laning, gank maupun team fight.
T
Tank
Hero dengan kelas tank biasanya memiliki HP yang tebal, armor super keras atau keduanya sehingga bisa bertahan lebih lama di team fight untuk melindungi rekan satu tim atau menerima damage sebanyak-banyaknya.
Tier
Indikator kemampuan bermain seorang pemain AOV. Tier bisa dilihat pada bagian Rank.
True Damage
Salah satu tipe serangan yang ada di AOV. True Damage tidak bisa ditahan oleh apapun sehingga angka yang tertera di status akan sama dengan angka yang muncul di dalam game.
Tower
Sebuah bangunan atau obyektif yang bisa menyerang musuh secara otomatis selama berada di dalam jangkauannya.
Armor tower akan menurun bila ada minion musuh di dekatnya.
U
Ultimate
Skill pamungkas yang dimiliki seorang hero. Biasanya skill ini sangat kuat sehingga memiliki mana cost yang besar dan cooldown yang lama.
Unique Passive
Unique Passive adalah status tambahan yang ada pada sebuah item.
W
Warrior
Salah satu kelas hero yang ada di AOV. Warrior biasanya memiliki jarak serangan yang dekat dengan max HP yang cukup banyak. Warrior di AOV biasanya memiliki skill crowd control yang membuat musuh kewalahan.