Artifact

Istilah-Istilah Penting dalam Artifact

Dalam Artifact, kamu akan menemukan beberapa istilah yang mungkin asing. Dalam permainan saja ada banyak kata kunci dalam kartu yang harus kamu pahami. Lalu di luar permainan ada juga istilah yang biasa digunakan oleh pemain untuk menjelaskan kondisi tertentu.

Agar kamu tidak bingung ketika bermain, diskusi, atau mendengarkan ucapan komentator sebuah turnamen, dalam artikel ini kami menjabarkan semua istilah yang ada di Artifact dan artinya.

Action Phase

Fase di mana kamu bisa memainkan kartu yang ada di tangan.

Armor

Salah satu atribut yang dimiliki sebuah unit (hero atau creep). _Armor berfungsi mengurangi damage dari lawan. Jumlah reduction dari masing-masing sumber damage dihitung terpisah. Jadi jika sebuah unit dengan satu armor diserang tiga unit lawan dengan 2 attack, maka unit tersebut hanya menerima total 3 damage atau 1 damage dari masing-masing unit lawan.

Attack

Kekuatan serang sebuah unit.

Cleave

Efek serangan sebuah unit yang membuatnya menghasilkan damage ke unit sebelah lawan yang ada di seberangnya. Damage cleave bersifat tetap sesuai dengan angka yang dipaparkan sumbernya. Selain itu, efek cleave baru terjadi jika unit dengan efek cleave menyerang unit yang memblokir.

Combat Phase

Fase setelah action phase di mana masing-masing unit menyerang ke arah sesuai panah. Semua damage serangan dari semua unit akan terjadi di fase ini.

Condemn

Efek menghancurkan sesuatu, baik itu unit maupun improvement. Condemn bisa menembus semua hal, termasuk damage immunity.

istilah-penting-artifact-coup-de-grace

Creep

Unit non-hero yang berada di board. Sama seperti hero, creep bisa memblokir dan menghasilkan damage. Namun begitu mati creep ini tidak akan kembali lagi.

Damage Immunity

Status di mana sebuah unit (hero atau creep) kebal terhadap damage apapun.

Deployment Phase

Fase di mana dua melee creep baru akan muncul di lane secara acak. Jika kamu punya hero yang siap muncul di lane, kamu bisa menentukan di lane mana ia dipasang dalam fase ini.

Disarm

Status di mana sebuah unit tidak bisa menghasilkan damage saat combat phase. Jika unit yang terkena disarm adalah hero, ia masih bisa memblokir damage, menggunakan efek item, atau menggunakan kartu sesuai warna hero tersebut.

Draw

Menarik kartu dari deck.

Flop

Istilah untuk tiga hero yang dipasang di ronde pertama.

Fountain

Tempat hero menunggu untuk dimainkan di lane. Hero yang mati juga akan dikirim ke Fountain ini.

Gold

Mata uang yang kamu peroleh dalam pertandingan ketika membunuh hero atau creep lawan. Gold umumnya digunakan untuk membeli item.

Health/HP

Berapa banyak damage yang bisa ditelan sebuah unit.

Hero

Unit kuat yang memiliki kemampuan dan kartu khusus. Merekalah caster yang memungkinkanmu memainkan kart di lane.

Improvement

Sebuah modifikasi yang dipasang tower dengan efek yang beragam.

istilah-penting-artifact-trebuchets

Initiative

Istilah untuk siapa yang bisa mengambil tindakan pertama di lane.

Baca juga: Memahami Cara Kerja Initiative di Artifact dan Bagaimana Mendapatkannya

Item

Kartu yang kamu beli di shop dalam shopping phase dan digunakan di action phase. Item dibeli dengan gold, tapi tidak perlu mana cost.

Lock

Efek di mana sebuah kartu tidak bisa digunakan selama satu giliran atau lebih.

Mana

Energi yang memungkinkanmu menggunakan kartu. Mana bisa kamu lihat di samping tower kamu.

Modify

Efek yang bersifat permanen ke satu unit.

Piercing (Damage)

Jenis damage yang bisa menembus atau mengabaikan armor.

istilah-penting-artifact-thundergods-wrath

Play Effect

Efek yang muncul ketika sebuah creep dimainkan di board.

Rapid Deployment

Status di mana sebuah hero tidak perlu menunggu satu giliran untuk bisa kembali ke lane setelah mati.

Regeneration

Efek regenerasi atau menambah HP yang hilang. Efek ini aktif sebelum kalkulasi kill dihitung.

Retaliate

Status di mana lawan yang menyerang akan menerima damage. Jumlah damage yang diterima dari efek retaliate juga bisa dikurangi oleh armor, dan dihitung terpisah dari jumlah attack sang pemilik retaliate.

Shopping Phase

Fase di mana kamu bisa menggunakan gold untuk membeli item. Fase ini terjadi di akhir ronde.

Siege

Efek serangan unit di mana unit tersebut tetap menghasilkan damage ke tower meskipun diblokir. Jumlah damage siege bersifat tetap dan hanya akan dihasilkan ketika unit tersebut diblokir. Jika tidak diblokir, unit tersebut akan menghasilkan damage ke tower sesuai jumlah serangannya.

istilah-penting-artifact-thunderhide-pack

Silence

Status di mana unit tidak bisa menggunakan ability yang dimiliki, tapi masih bisa menghasilkan damage di combat phase. Jika unit yang terkena silence adalah hero, ia tidak bisa menggunakan spell.

Spell

Kartu yang memberikan efek langsung di atas board. Semua kartu spell hanya bisa digunakan sekali.

Stun

Status di mana unit tidak bisa melakukan apa-apa, tapi tetap berada di atas board dan memblokir/menerima damage.

Summon

Memunculkan creep di lane.

Taunt

Efek di mana sebuah unit menarik panah tiga unit lawan di depan ke dirinya sendiri.

Tower

Bangunan di lane yang harus kamu lindungi.

Unit

Semua kartu yang ada di atas board dan memiliki HP, attack, dan kadang armor plus ability.

Upkeep Kill

Kill yang terjadi sebelum action phase dimulai.

Baca juga: Hero Kill dan Mengapa Upkeep Kill Punya Dampak Besar Dalam Artifact